Denpasar (ANTARA) - Tiga dari empat calon senator atau anggota DPD RI dari Bali yang memeroleh suara terbanyak berdasarkan hasil sementara rekapitulasi suara Pemilu 2019 dari seluruh kecamatan, diprediksi merupakan wajah baru,  dan satu orang lagi  petahana.

"Ini rekapitulasinya berjenjang, dari rekapitulasi di tingkatan TPS, rekapitulasi kecamatan, itu sudah kelihatan hasilnya. Perubahan atau perbaikan  hanya bisa dilakukan pada rekapitulasi yang berjenjang. Jika tidak ada permasalahan, maka naik ke atas perolehan suara akan tetap," kata anggota KPU Bali Divisi Sosialisasi Gede John Darmawan, di Denpasar, Senin.

Dari data rekapitulasi seluruh kecamatan di Bali (57 kecamatan) yang dihimpun KPU Bali, calon senator petahana I Gusti Ngurah Arya Wedakarna memeroleh 742.781 suara Sedangkan tiga wajah baru yang diperkirakan akan melenggang ke Senayan yakni mantan Gubernur Bali Made Mangku Pastika (269.790), mantan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung (229.675), dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Bali H Bambang Santoso (126.100).

Adapun sebelumnya jumlah calon anggota DPD RI Dapil Bali untuk Pemilu 2019 sebanyak 22 orang yang berasal dari berbagai profesi di antaranya  Gede Lanang Dharma Wiweka (musisi), I Gusti Ngurah Harta (penekun spiritual), I Ketut Suwardiana (politisi Hanura), Ngurah Sugiarta (advokat), dan I Ketut Putra Ismaya Jaya (Sekjen ormas Laskar Bali).

Selanjutnya, ada juga Dewa Made Suamba Negara (politisi Golkar), I Gede Ngurah Ambara Putra (pengusaha), Ni Made Suastini/Dek Ulik (penyanyi), I Nyoman Sukrayasa (advokat), Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati (politisi PDIP Bali), AA Ngurah Oka Ratmadi (petahana), I Nengah Wiratha (politisi Hanura/mantan anggota DPD RI), I Gusti Made Ngurah (mantan Kakanwil Agama), Ni Made Ayu Sriwathi (investor properti).

John menambahkan, setelah rampung tahap rekapitulasi di tingkat kecamatan, maka proses selanjutnya pleno rekapitulasi di sembilan kabupaten/kota, yang dilaksanakan dari 5-6 Mei, dan pleno di KPU Provinsi Bali dijadwalkan 8-9 Mei.

Menurut mantan Ketua KPU Kota Denpasar itu, jika pleno di tingkat KPU kabupaten/kota berjalan lancar dan tidak ada hal yang dipersoalkan, maka hasil perolehan suara di tingkat rekapitulasi kecamatan tidak akan berubah.

"Kalau ada permasalahan, misalnya berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu harus dilakukan penghitungan ulang. Jika terjadi penghitungan ulang dan terjadi proses perubahan, itu akan kami tuangkan dan hasil perubahan dimasukkan dalam plano," ucap John.

Sedangkan untuk rekapitulasi perolehan suara sementara DPR RI untuk partai politik di Provinsi Bali berdasarkan hasil rekapitulasi di 57 kecamatan, di posisi pertama PDI Perjuangan (1.257.590), selanjutnya untuk perolehan lima besar suara parpol diantaranya Partai Golkar (382.579), Demokrat (118.826), Gerindra (109.598), dan Partai Nasdem (102.296).

Untuk rekapitulasi perolehan suara pemilu presiden, pasangan Jokowi-Amin mendapatkan 2.351.058 suara (92 persen) dan pasangan Prabowo-Sandi mengantongi 213.414 suara (8 persen).

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019