Stok tersebut mencukupi untuk tiga bulan ke depan. Subdivre Cianjur memiliki dua gudang yang mampu menampung stok berbagai bahak pokok terutama beras untuk persedian selama Ramadhan
Cianjur (ANTARA) - Perusahaan Umum Bulog Subdrive Cianjur, Jawa Barat, memastikan stok kebutuhan pokok seperti gula pasir, minyak goreng dan terigu, aman selama Ramadhan bahkan hingga tiga bulan ke depan, sehingga BUMN itu baru beberapa waktu mendatang akan menggelar operasi pasar bersama instansi terkait.

Wakil Ketua Bulog Subrive Cianjur, Desi Asminati di Cianjur, Kamis, mengatakan untuk stok beras saat ini mencapai 1.800 ton, minyak goreng 130.000 liter, gula pasir 130.000 kilogram dan terigu 2.000 kilogram.

"Stok tersebut mencukupi untuk tiga bulan ke depan. Subdivre Cianjur memiliki dua gudang yang mampu menampung stok berbagai bahak pokok terutama beras untuk persedian selama Ramadhan," katanya.

Bulog Subdivre Cianjur telah melakukan koordinasi bersama dinas dan intansi terkait untuk melakukan operasi pasar (OP) jika terjadi kenaikan harga terutama bahan pokok dan daging.

"Kami telah melakukan rapat bersama dinas terkait di Pemkab Cianjur, perihal akan diadakannya OP di Cianjur, jika mulai terjadi lonjakan harga," katanya.

Dia menjelaskan OP kemungkinan akan digelar dalam waktu dekat dan tinggal menentukan kepastian tempat dan jadwalnya seperti tahun 2018 Bulog bersama dinas terkait menggelar OP di halaman Mapolres Cianjur.

"Seperti tahun sebelumnya OP akan diadakan di kantor kecamatan dan wilayah yang berjauhan dengan pasar seperti Kecamatan Mande dan Karangtengah" katanya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas dan institusi untuk menggelar OP di sejumlah titik tidak terjadi lonjakan harga menjelang lebaran.

OP nantinya hanya menyediakan bahan pokok yang memang distok Bulog Cianjur seperti menjual barang di bawah harga rata-rata penjual yang ada di pasar seperti daging sapi.

"Kalau harga daging sapi di pasar Rp 110.000 per kilogram, Bulog akan menjual dalam OP dengan harga Rp 80.000 per kilogram. OP digelar untuk menormalkan harga di pasar sehingga tidak melambung," katanya.

Baca juga: Bulog jamin ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan

Baca juga: Bulog antisipasi fluktuasi harga telur saat Ramadhan hingga lebaran

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019