Kupang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Nusa Tenggara Timur mengapresiasi penyelenggara pemilu di Kabupaten Ende.

Apresiasi ini diberikan usai KPU Ende menyelesaikan penghitungan suara dalam rapat pleno terbuka hasil perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi NTT yang berlangsung di Kupang, Kamis petang.

Komisioner Bawaslu NTT Jemris Fointuna terlebih dahulu memberi apresiasi usai operator selesai membacakan hasil rekapitulasi Pemilu DPRD Provinsi NTT.

Menurut Jemris, KPU Kabupaten Ende luar biasa karena konsisten dalam data dan hasil rekapitulasi, meskipun kondisi  baru dilantik satu bulan sebelum Pemilu 2019.

"Dari semua kabupaten yang sudah selesai membacakan hasil pleno, KPU Ende luar biasa," katanya.

Ketua KPU Provinsi NTT Thomas Dohu juga mengapresiasi kinerja penyelenggara dari KPU hingga KPPS.

Thomas Dohu mengatakan, meski baru dilantik sebulan sebelum pelaksanaan pemilu, namun kerja keras mereka mampu menyukseskan pelaksanaan pemilu di Kabupaten Ende.

"Kita mengapresiasi KPU Kabupaten Ende, apalagi dengan komposisi tiga perempuan, mereka adalah Kartini Kartini hebat," katanya.

Selain itu, Ketua KPU NTT juga memberi apresiasi untuk Korwil KPU Ende yang telah mendampingi pelaksanaan pemilu di kabupaten itu.

Pelaksanaan rapat pleno untuk Kabupaten Ende juga menghadirkan hal menarik ketika dalam proses pembacaan hasil rekapitulasi. Operator minta diganti dengan operator lainnya.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2019 tingkat Provinsi NTT hari ketiga yang dilaksanakan pada Kamis (9/5), menetapkan hasil perolehan suara untuk lima kabupaten di NTT. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019