Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) melakukan pemadaman bergilir selama lima hari pada bulan Ramadhan di sebagian wilayah di Provinsi Riau.

Humas PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Usman, di Pekanbaru, Jumat, mengatakan pemadaman listrik bertujuan untuk meningkatkan pelayanan penyediaan energi listrik kepada masyarakat khususnya pelanggan PLN. Pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik yang dibarengi pemadaman akan berlangsung pada tanggal 11 sampai 16 Mei 2019.

"Sehubungan dengan hal tersebut, maka dengan ini disampaikan bahwa akan terjadi padam aliran listrik sementara," kata Usman.

Pada Sabtu tanggal 11 Mei, pemadaman listrik berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Usman menjelaskan pemeliharaan jaringan yang dilakukan PLN pada hari tersebut berupa penarikan Jaringan Tegangan Menengah Baru.

Lokasi yang terdampak diantaranya di sebagian daerah Kualu, Tarai bangun, Teluk kenidai, Kubang Raya, Jl Sosial, Jl. Suka Mulya, Jl. Suka Makmur, Jl. Suka Jadi, Jl. Bupati, Jl. Rusa Lima, Jl. Tambusai, Jl. Tj Kudu, Semen Padang, Lapangan Golf, Kebun Binatang, SMA PLUS, Darul Ulum, Pr. Ginting 1, dan Pr. Ginting 2.

Pemadaman tidak dilakukan pada hari Minggu, dan dilanjutkan pada Senin tanggal 13 Mei pada jam yang sama. Pekerjaan yang dilakukan diantaranya adalah pembenahan tiang miring, penggantian isolator pada tiang. Lokasi yang terdampak di JL. Karya 4, JL. Mahang Raya, JL. Utama Teuku Bey, JL. Sei Mintan, JL. Griya Tika Utama, JL. Karya Ujung, JL. Reformasi, JL. Puspa Sari, dan JL. Dasar.

Pemadaman listrik pada hari Selasa, 14 Mei juga berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Pada hari tersebut PLN melalukan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah di lokasi yang terdampak seperti di sekitar Jembatan Siak 2, JL. SIAK 2 - Simpang Bingung, JL. Gotong Royong, JL. Purnama, JL. LKMD, JL. Rambah Sari, JL. Sepakat, PT. KALIMANTAN STEEL, JL. Damai. Kemudian di JL. Perjuangan Siak 2, JL. Pastoran, JL. Palas Mekar, JL. Padat Karya Kanan dan Ujung, JL. Padat Karya, JL. Sri Palas, JL. Darma, Perumahan Guru Cendana, JL. Simpang Bingung, JL. Sri Indra, JL. Sejahtera, JL. Sri Indra 2, JL. T. Kasim Perkasa, dan JL. T. Maharatu.

Pada hari tersebut PLN juga melakukan pemadaman pada pukul 13.00 sampai 15.00 WIB untuk melakukan perampalan pohon pada jaringan ,dan pergantian komponen pada Jaringan Tegangan Menengah. Lokasi yang terdampak di antaranya di Simpang SKPC, Surau Tinggi, Kulim Jaya, Desa Sejati, Muara Musu, Sei Mojai, Aur Betung, Teluk Riti, Muara Nikim, Simpang Balik, Teluk Kasai dan Setia Baru.

Pada Rabu, 15 Mei pemadaman berlangsung pada pukul 09.00 sampai 11.00 WIB dengan pekerjaan perampalan pohon pada jaringan dan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah. Lokasi yang terdampak di JL.Yos Sudarso KM.8, JL PATRIA SARI,JL BARITO SARI, Kampus Universitas Lancang Kuning, Jl. Poros Sumbar-Riau , Ds.Pl. gadang, Ds. Tj. Alai, Ds. lubuk agung, Ds. ranah Sungkai, Ds. koto ranah, Ds. koto masjid, Ds. batu bersurat, Ds. pongkai Istiqomah, Ds.koto tuo, Ds. muara Takus , Ds. Gn. bungsu, Ds. Tanjung, Ds. Siberuang , Dsn Pilar, Ds. pongkai tabing, bandar Picak, gn. Malelo, Dsn batas dan sekitarnya.

Pada Kamis, 16 Mei pemadaman berlangsung sejak 08.00 hingga 12.00 WIB dengan pekerjaan perampalan pohon pada jaringan, penyambungan kabel. Lokasi yang terdampak di antaranya Kelurahan Kepenuhan Tengah, Desa Kepenuhan, Desa Muara Jaya, Desa Kota Rya, Desa Kota Baru, Komplek PT Eka Dura, Desa Muara Dilam dan Desa Muara Musu.

Pada hari yang sama pemadaman juga berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB di lokasi yang berbeda. PLN akan melakukan pekerjaan pemeliharaan Jaringan Tegangan Menengah dan perampalan pohon pada jaringan. Lokasi yang terdampak di antaranya Simpang Kumu, Sungai Kuning, Simpang ABC, Simpai SAI, Surau Gading Lubuk Kapiek, dan Desa Alahan.

"Jadwal dan waktu pekerjaan pemeliharaan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi teknis di apangan. PLN mohon maaf kepada seluruh masyarakat khususnya kepada pelanggan yang mengalami gangguan pasokan listrik akibat pekerjaan pemeliharaan," kata Usman.

Baca juga: Mulai hari ini, Pekanbaru alami pemadaman listrik bergilir selama 6 hari

Baca juga: PLN Pekanbaru janjikan pemadaman bergilir tuntas akhir Mei

 

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019