counter

Liga Spanyol

Barcelona kembali ke jalur kemenangan dan ancam peluang Getafe

Barcelona kembali ke jalur kemenangan dan ancam peluang Getafe

Gelandang Barcelona Arturo Vidal (kiri) memeluk rekannya Philippe Coutinho saat merayakan gol ke gawang Getafe dalam laga lanjutan Liga Spanyol di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol, Minggu (12/5/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Susana Vera)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona kembali ke jalur kemenangan seusai menelan kekalahan memilukan dari semifinal Liga Champions sembari mengancam peluang lawannya, Getafe, memasuki kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi tersebut musim depan.

Barcelona meraih kemenangan 2-0 atas Getafe dalam laga pekan ke-37 di Stadion Nou Camp, Senin dini hari WIB, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Sebuah gol dari Arturo Vidal menyokong kemenangan Barcelona tersebut yang dilengkapi gol bunuh diri Mauro Arambarri sebelum waktu normal berakhir.

Kemenangan tersebut tak mempengaruhi nasib Barcelona yang sudah menjadi juara Liga Spanyol dan kini mengoleksi 86 poin di puncak klasemen, namun itu menjadi dorongan moral baik bagi tim besutan Ernesto Valverde menyongsong pekan pamungkas serta partai final Piala Raja melawan Valencia.

Sedangkan bagi Getafe (58), hasil itu membuat mereka tergusur dari peringkat keempat lantaran di laga lain Valencia (58) memetik kemenangan 3-1 atas tamunya Alaves (47) dan unggul dalam catatan head to head.

Barcelona yang memasuki laga dengan kenangan buruk kekalahan dari Liverpool di semifinal Liga Champions malah mendapati Getafe tampil lebih baik.

Pun demikian, pengambilan keputusan yang buruk dari Jorge Molina ketika menerima umpan kiriman Angel Rodriguez dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper Jasper Cilessen malah berakhir dengan tembakan yang melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-27, Getafe berhasil mengakhiri sebuah serangan balik dari situasi sepak pojok dengan Molina menyarangkan bola ke gawang Barcelona, namun VAR menganulir gol tersebut karena sang penyerang terlanjur berada dalam posisi offside.

Perlahan tapi pasti, Barcelona mulai melancarkan serangan dan mendapatkan tendangan bebas dalam situasi yang cukup berbahaya.

Lionel Messi mengirimkan tendangan bebas itu ke dalam kotak penalti dan Gerard Pique berhasil menyambutnya, meski kemudian kiper David Soria menghalaunya, namun bola masih liar dan disambar oleh Vidal untuk membuka keunggulan Barcelona pada menit ke-39.

Gol itu seolah melecut Barcelona, namun tembakan Malcom pada menit ke-43 masih bisa diamankan dengan baik oleh Soria.

Babak kedua berlangsung cukup timpang dan Barcelona lebih banyak menguasai bola untuk menggempur pertahanan Getafe.

Kendati demikian, Getafe sempat memperoleh peluang lagi pada menit ke-88 ketika umpan silang Duro berhasil disambut tandukan Molina, namun kali ini bola membentur tiang gawang.

Semenit berselang, Barcelona sukses menggandakan keunggulan ketika tembakan Messi membentur Djene Dakonam dan Arambarri sebelum akhirnya bersarang ke dalam Getafe. Barcelona menang 2-0 atas tamunya.

Baca juga: Ter Stagen minta suporter Barcelona terus berikan dukungan

Baca juga: Ernesto Valverde percaya diri

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillessen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Carles Alena); Malcom (Nelson Semedo), Philippe Coutinho (Abel Ruiz), Lionel Messi
Pelatih: Ernesto Valverde

Getafe (4-4-2): David Soria; Damian Suarez, Djene Dakonam, Leandro Cabrera, Mathias Olivera; Dimitri Foulquier (Saiz), Nemanja Maksimovic, Mauro Arambarri, Gaku Shibasaki (Francisco Portillo); Jorge Molina, Angel Rodriguez (Duro)
Pelatih: Jose Bordalas

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar