Sejak awal dibuka beberapa minggu lalu dalam waktu singkat langsung kuotanya diisi dan penuh
Pontianak (ANTARA) - Program mudik gratis Perum Damri cabang Pontianak untuk tujuan Sintang dan Melawi pada 30 Mei 2019 disambut antusias oleh masyarakat Kalimantan Barat (Kalbar).

"Sangat luar biasa sambutan dari masyarakat Kalimantan Barat untuk program mudik gratis yang kami laksanakan ini. Sejak awal dibuka beberapa minggu lalu dalam waktu singkat langsung kuotanya diisi dan penuh," kata GM Perum Damri cabang Pontianak, Yulianto, di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu.

Ia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan sambutan masyarakat Program Mudik Bareng 2019 yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN tersebut.

"Kami bersyukur Damri cabang Pontianak bisa masuk dalam program mudik gratis Kementerian BUMN. BUMN lain nya juga ada yang menggelar mudik gratis tersebut," papar dia.

Yulianto menjelaskan untuk mendapatkan tiket mudik gratis masyarakat mendaftar secara daring yakni di website mudikbumn.co.id. Masyarakat tinggal memilih tujuan dan mengisi identitas diri.

"Untuk jadwal keterangan dan informasi lengkap serta persyaratan sudah ada di website tersebut. Masyarakat tinggal mendaftar kemarin," ujar dia.

Ia menambahkan untuk keberangkatan nanti dilepas dari Terminal Internasional, Ambawang, Kubu Raya,  pada 30 Mei 2019 pukul 19.00 WIB.

"Melalui mudik gratis bukti hadirnya BUMN untuk membangun negeri. Harapan ke depan semua daerah di Kalimantan Barat ada (mudik gratis)," papar dia.

Terkait mudik lebaran 2019, ia menyarankan kepada masyarakat lebih baik menggunakan transportasi umum. Apalagi menurutnya jarak mudik nya jauh, lebih baik menggunakan angkutan umum.

"Dengan transportasi umum akan lebih aman dan nyaman. Apalagi untuk Damri, rute dan jadwal sudah banyak pilihan," jelas dia.

Perum Damri cabang Pontianak sendiri untuk mudik dan arus balik Lebaran 2019 telah menyiagakan 90 unit bus dari berbagai rute baik dalam kota, antara kota, antara provinsi, dan lintas negara untuk angkutan mudik dan balik Lebaran 2019.

"Total bus kami ada 116 unit. Sebanyak 90 siap melayani arus mudik dan balik Lebaran 2019 ini. Terdapat 26 unit di antaranya adalah bus baru," papar dia.

Ia memprediksikan penumpang pada masa Lebaran akan meningkat 100 persen dan bahkan bisa lebih dibandingkan hari biasanya.

"Kami prediksi jika dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, (jumlah penumpang) tahun ini akan meningkat minimal 20 persen," kata Yulianto.

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019