Mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kereta tambahan yakni KA Matarmaja Lebaran dan KA Gajayana Lebaran.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menjelang perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah yang diperkirakan jatuh pada awal Juni 2019, pihak Stasiun Kotabaru Malang, Jawa Timur, berupaya memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada para pengguna jasa angkutan kereta api saat mudik.

Wakil Kepala Stasiun Kotabaru Malang Burhanuddin mengatakan bahwa dalam mengantisipasi tingginya masyarakat yang tiba di wilayah Kota Malang, pihaknya akan menyiapkan posko-posko untuk memberikan fasilitas lebih kepada para pengguna kereta api.

"Kami akan menyiapkan posko-posko, untuk memberikan pelayanan maksimal terhadap pengguna jasa angkutan kereta api," kata Burhanuddin di Stasiun Kotabaru Malang, Jawa Timur, Sabtu (18/5).

Burhanuddin menjelaskan, posko yang akan disiapkan tersebut diantaranya adalah pos kesehatan, dan pos keamanan yang akan bekerja sama dengan pihak Kepolisian Resort Malang Kota.

Selain itu, para karyawan juga akan disiagakan penuh pada periode 26 Mei hingga 16 Juni 2019. Para karyawan itu, bahkan tidak diperkenankan untuk mengajukan cuti atau hari libur pada periode tersebut, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi, dalam arti, para karyawan tidak diperkenankan cuti mulai tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019," ujar Burhanuddin.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah kali ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan kereta tambahan yakni KA Matarmaja Lebaran dan KA Gajayana Lebaran.

Untuk KA Matarmaja merupakan kereta api kelas ekonomi jurusan Pasar Senen-Malang, dan KA Gajayana rute Gambir-Malang. Ketersediaan tempat duduk pada KA Lebaran itu, ada kurang lebih sekitar 1.300 kursi.

Kuota KA Matarmaja tambahan sebanyak 848 tempat duduk mulai 29 Mei hingga 15 Juni 2019, sedangkan KA Gayajana sekitar 450 tempat duduk yang akan mulai beroperasi pada 28 Mei hingga 18 Juni 2019.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019