counter

Laporan dari London

Imam mesjid New York Ustad Shamsi Ali beri ceramah di Slowakia

Imam mesjid New York Ustad Shamsi Ali beri ceramah di Slowakia

Ustad Shamsi Ali, seorang imam di Islamic Center di New York, Amerika Serikat asal Indonesia memberikan ceramah agama kepada WNI di Slowakia terkait kegiatan Ramadan dan mengadakan pertemuan dengan Imam Sofyan Hasna dari Islamic Center, Cordoba Bratislava.

London (ANTARA) -  

KBRI Bratislava mengundang Ustad Shamsi Ali,  imam di Islamic Center di New York, Amerika Serikat asal Indonesia memberikan ceramah agama kepada warga negara Indonesia di Slowakia dalam mengisi kegiatan Ramadan.

Pendosbud KBRI Slowakia, Lely Meiliani kepada Antara pada Sabtu menyebutkan KBRI juga menjadwalkan pertemuan Ustad Shamsi Ali bertemu dengan Imam Sofyan Hasna dari Islamic Center, Cordoba Bratislava.

Dalam acara Ramadan di KBRI, Ustad Shamsi Ali memberikan ceramah agama bertema esensi kehidupan bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT dan kenikmatan yang terbesar umat adalah keimanan.

Menurut dia, bulan Ramadan menjaga umat untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Selain itu, ia juga menyampaikan pengalamannya dalam mengembangkan kehidupan bertoleransi antaragama khususnya di Amerika mengalami sejumlah tantangan dari pihak non Muslim. Namun sebagai seorang Muslim lebih mengutamakan pendekatan yang halus dan mengajarkan tentang Islam yang baik dan benar.

Ustad Shamsi Ali berpesan seorang Muslim harus dapat menunjukkan sebagai pribadi Muslim sesuai dengan ajaran Alquran yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting untuk memberikan pemahaman kepada kebanyakan orang Barat mengenai Islam yang seringkali diidentifikasikan sebagai Arab yang pada umumnya memiliki konotasi negatif sehingga persepsi yang berkembang di dunia Barat harus diubah.

Dubes Indonesia untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menyampaikan apresiasi atas kehadiran Ustad Shamsi Ali dan kunjungan pertamanya ke negara Eropa Timur.

Kunjungan ini, diharapkan dapat dilanjutkan dengan kerja sama dengan tokoh agama di Slowakia untuk membangun pemahaman mengenai Islam yang cinta damai. Melalui kegiatan Ramadan ini, diharapkan masyarakat Indonesia juga dapat meningkatkan pengetahuan agamanya dan mengambil sari dari pesan yang disampaikan.

Kegiatan di bulan Ramadan juga menjadi ajang silaturahmi bagi sesama WNI di Slowakia.

Ceramah agama dirangkai dengan buka puasa bersama dan shalat maghrib berjemaah. Pada buka puasa bersama, KBRI Bratislava menyajikan takjil dan makanan khas Indonesia seperti ayam taliwang, kangkung plecing, daging kuah asam, udang goreng, dan ayam goreng.

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar