Pamekasan (ANTARA) - Polres Pamekasan, Jawa Timur mempersiapkan sebanyak 447 personel guna mengamankan arus mudik dan balik Lebaran 1440 Hijriah.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Pamekasan Kompol Jalaluddin di Pamekaan, Senin mengatakan ke-447 personel itu merupakan personel gabungan dari berbagai unsur, seperti polisi, TNI, Satpol-PP, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan.

"Mereka ini akan melakukan pengamanan sejak H-7 hingga H+7 Lebaran," kata Jalal.

Ia menjelaskan, selain pengamanan mudik dan balik para petugas ini juga telah ditugaskan mengamankan kegiatan shalat tarawih selama Ramadhan.

"Dari sebanyak 447 personel gabungan ini, dari unsur kepolisian sebanyak 200 orang," katanya.

Saat ini, sambungnya, pihaknya juga mulai melakukan koordinasi dengan instansi terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan, terkait persiapan pos pantau Lebaran.

Kabag Ops Jalaluddin menjelaskan, selama musik mudik dan balik Lebaran ini, pihaknya akan mempersiapkan pos pantau di beberapa titik. Antara lain di Jalan Raya Tlanakan, di Jalan Raya Waru, Jalan Raya Talang Siring dan pos pantau induk di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi bersama Pemkab Pamekasan dijelaskan, bahwa pada malam Lebaran akan dilakukan pengamanan khusus, yakni melarang masyarakat melakukan takbir keliling kota, karena berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kegiatan keagamaan itu sering disalahgunakan.

Baca juga: Polres Pamekasan gencarkan razia "pekat" selama Ramadhan

Baca juga: Taspen-Bulog sediakan 1.100 sembako murah Ramadhan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019