Jakarta (ANTARA) - Ole Gunnar Solskjaer adalah orang yang tepat untuk memimpin Manchester United dan harus diberi kesempatan yang adil untuk membalikkan keadaan, kata mantan pemain depan klub itu Robin van Persie kepada BBC Sport, Selasa waktu setempat (21/5).

Setelah tampil mengesankan sebagai pelatih sementara usai mengganti Jose Mourinho, mantan penyerang United Solskjaer menjalani akhir musim yang buruk karena gagal mencapai target untuk finis empat besar di Liga Premier Inggris.

"Saya rasa ini adalah pasangan yang sempurna (Manchester United dan Solskjaer), hanya saja mereka sedang mengalami periode buruk," ujar van Persie.

"Dahulu, normal bagi seorang pelatih membutuhkan waktu. Sekarang bila Anda kalah enam pertandingan, Anda ditendang. Apakah itu solusinya?"

"Beri waktu, terutama bila itu pemain-pemain dari klub," tambah pencetak gol terbanyak timnas Belanda sepanjang masa tersebut.

United memecat Mourinho pada 18 Desember dan berencana menunjuk pelatih sementara hingga musim panas sebelum mendapatkan pelatih permanen.

Sehari kemudian, Solskjaer ditunjuk sebagai pelatih sementara dan di bawahnya United menorehkan 15 pertandingan tak terkalahkan dalam kompetisi domestik, termasuk rekor 100 persen dalam delapan pertandingan pertamanya.

Pelatih asal Norwegia berusia 46 tahun tersebut memimpin United meraih kemenangan dramatis atas Paris Saint-Germain di 16 besar Liga Champions 16 dan, meskipun kemudian menelan dua kekalahan, ia ditunjuk menjadi pelatih permanen pada 28 Maret.

Setan Merah mengakhiri musim ini dengan enam kekalahan dan dua kemenangan dari 10 pertandingan terakhir mereka.

"Itu lucu karena saat ia mulai menukangi United, semua orang sangat positif, mereka menang dan mereka membuat keajaiban dengan mengalahkan PSG," kata Van Persie, yang membantu United meraih gelar liga Inggris pada 2013 dan mencetak 58 gol dalam 105 pertandingan antara 2012 -15.

"Semua orang berteriak, 'Berikan ia (Solskjaer) kontrak permanen'. Setelah dipermanenkan, keberuntungan sedikit hilang; mereka menderita kekalahan lebih banyak dari yang diinginkan."

"Namun, ia dikontrak tiga tahun dan semua orang harus melihat gambaran lebih besar. Kehadirannya, cara ia menangani klub adalah cara yang tepat menurut saya."

"Ia positif dan ingin mencapai hal-hal besar dengan klub dan itu adalah satu-satunya jalan ke depan."(sumber BBC)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019