counter

Ini tips Ketua MPR selesaikan sengketa

Ini tips Ketua MPR selesaikan sengketa

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, pada Rabu (22/5/2019). (Bayu Prasetyo)

Demokrasi itu memang memerlukan kesabaran bahkan ekstra kesabaran
Bogor (ANTARA) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta masyarakat untuk menyelesaikan sengketa Pemilu 2019 melalui musyawarah.

"Demokrasi itu memang memerlukan kesabaran bahkan ekstra kesabaran. Saya mengajak pemerintah untuk bisa menyelesaikan dengan damai dan teman-teman seluruh Indonesia juga merespon ini dengan dialog dan silaturahmi," kata Zulkifli Hasan usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, pada Rabu.

Menurut dia, pemilu adalah perhelatan yang harus diselesaikan sesuai konstitusi.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan jika terdapat persengketaan maka pihak terkait dapat melanjutkannya ke Mahkamah Konstitusi.

"Oleh karena itu di Mahkamah Konstitusi nanti masing-masing tim bisa menjelaskan segala persoalan yang dia hadapi. Terbuka, disiarkan media. TKN juga bisa menyampaikan hasil-hasil mereka. KPU memaparkan sehingga bisa ditemukan fakta yang betul, baru nanti hakim yang kita yakini akan profesional untuk mengambil keputusan. Itulah cara-cara yang dibenarkan konstitusi kita," ungkap Zulkifli.

Dalam jumpa pers itu, Zulkifli juga menyampaikan ungkapan bela sungkawa atas sejumlah korban jiwa dan luka-luka dalam tragedi unjuk rasa pada Rabu dini hari.

Ketua MPR mengajak masyarakat untuk menyelesaikan persoalan dengan jalan damai.

Baca juga: Presiden terima Ketua MPR RI di Bogor

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar