Kuliner khas tersebut di antaranya hidangan "Gudeg Jogja" di Sentra Gudeg Mbarek Sleman yang berada seputar Jalan Kaliurang KM. 4.5, Desa Caturtunggal, Depok, Sleman
Sleman (ANTARA) - Berbagai kuliner khas Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut pemudik Lebaran 2019 yang ingin merasakan makanan khas tradisional di wilayah setempat baik  hidangan makan maupun cemilan kudapan.

"Ada berbagai jenis kuliner tradisional khas di Sleman yang dapat dinikmati wisatawan saat mudik Lebaran. Lokasi sentra kuliner tersebut juga berada tidak jauh di jalur mudik," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih di Sleman, Kamis.

Menurut dia, kuliner khas tersebut di antaranya hidangan "Gudeg Jogja" di Sentra Gudeg Mbarek Sleman yang berada seputar Jalan Kaliurang KM. 4.5, Desa Caturtunggal, Depok, Sleman.

"Di sentra gudeg Mbarek ini terdapat puluhan pedagang gudeg khas Yogyakarta,  wisatawan dapat menikmati gudeg di sejumlah warung makan, maupun bisa juga untuk oleh-oleh," katanya.

Selain gudeg, ada juga kuliner khas yang tidak kalah terkenalnya yakni "Ayam Goreng Kalasan" di jalur mudik Jalan Solo Km 14, Dusun Bendan, Tirtomartani, Kalasan.

"Di sentra Ayam Goreng Kalasan tersebut wisatawan juga dapat menikmati sajian ayam goreng yang dipadukan dengan krispi dan sambal khas," katanya.

Ia mengatakan, selain itu ada juga kuliner-kuliner yang telah lama menjadi makanan khas di sejumlah destinasi wisata.

"Seperti di objek wisata Kaliurang terdapat kuliner khas seperti 'Jadah Tempe Mbah Carik' Kaliurang, kemudian ada juga kuliner khas 'Tongseng Kopyok Mbah Ganis' di kawasan Tlogo Putri Kaliurang," katanya.

Di seputar objek wisata lereng Gunung Merapi juga terdapat warung "Kopi Merapi" di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, yang menyajikan warung kopi dengan nuansa bangunan berlatar belakang Gunung Merapi dan menempati bangunan sisa terdampak erupsi Merapi 2010.
 
Kuliner Slondok Renteng Kaliurang. (Foto Antara/ Humas Sleman)


Kemudian di sekitar objek wisata Museum Gunungapi Merapi (MGM) terdapat makanan khas "slondok renteng" Kaliurang.

Slondok renteng ini merupakan makanan khas yang terbuat dari singkong berbentuk seperti cincin, namun dalam pengemasannya tidak menggunakan plastik melainkan direnteng dengan tali bambu.

Sudarningsih mengatakan, selain itu ada juga jajanan-jajanan legendaris seperti bacem kepala kambing di Jalan Kaliurang sekitar Pasar Kolombo, Depok, Sleman.

Di jalur mudik wilayah barat terdapat kuliner khas "Bebek Bacem Ngino" yang banyak terdapat di Pasar Ngino, Desa Margoagung, Kecamatan Seyegan, Sleman.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019