Jakarta (ANTARA) - Petugas kebersihan membersihkan area jalan sekitar kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), area Sarinah, Jakarta, Kamis pagi.

Pantauan Antara di lokasi, para petugas berbaju oranye mengangkut sampah sisa-sisa massa aksi 22 Mei itu, sekitar pukul 09.42 WIB.

Mereka mengenakan masker dan mengolesi area sekitar mata dengan pasta gigi. Hal itu  karena meski area Sarinah lengang tapi masih ada sisa efek gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan guna menertibkan unjuk rasa pada Kamis dini hari.

Petugas kebersihan menyapu jalanan dan mengangkut sampah-sampah sisa demonstrasi ke sejumlah mobil yang di parkir di sekitar Sarinah. Berangsur mobil itu meninggalkan area Sarinah.

Masyarakat yang melintas dan beraktivitas di sekitar Sarinah juga banyak mengenakan masker.

Adapun di kawasan tersebut relatif tidak ada kegiatan niaga seperti hari biasa atau sebelum 21 Mei yaitu sejak pengumuman rekapitulasi hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum.

Polisi anti-Huru Hara (PHH) masih bersiaga di jalan akses menuju Bawaslu, tepatnya di dekat perempatan Sabang menuju Jalan Wahid Hasyim.

Di dekat perempatan Sabang di Jalan Wahid Hasyim juga terpantau pos polisi yang rusak akibat terbakar terdapat juga tulisan di tembok yang berisi kutukan terhadap polisi. Hingga sekitar pukul 09.30 WIB terpantau masih ada sisa kepulan asap.

Sejumlah polisi menjaga area tersebut dan sesekali nampak warga yang mengabadikan peristiwa melalui kamera ponsel cerdas mereka masing-masing.

Sementara itu, area Bawaslu tergolong kondusif karena dilindungi pagar berduri. Sekitar pukul 09.53 WIB tidak nampak kerumunan massa aksi sebagaimana terjadi pada 21 dan 22 Mei.

Baca juga: Kondisi kondusif namun akses jalan menuju Bawaslu masih ditutup
Baca juga: Pasukan oranye bersihkan depan Gedung Bawaslu RI



 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019