tiket tujuan Makassar sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 H tidak ada lagi, karena sudah terjual dan dialokasikan untuk program mudik gratis
Makassar (ANTARA) - Animo masyarakat membeli tiket kapal PT Pelni di Makassar cukup tinggi, sehingga tiket sejumlah rute tertentu sudah habis terjual.

"Saya ingin membelikan tiket untuk anak saya di Bandung, untuk Lebaran bersama di Makassar, tapi tiket dari Jakarta ke Makassar sudah habis terjual," kata salah seorang pembeli tiket Hj Nursia di Kantor PT Pelni Cabang Makassar, Jumat.

Dia mengatakan tiket tujuan Makassar sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 H tidak ada lagi, karena sudah terjual dan dialokasikan untuk program mudik gratis.

Sebagai solusinya, lanjut dia, terpaksa hanya membeli tiket kapal Pelni dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Pelabuhan Makassar, karena hanya itu yang masih tersisa tiketnya.

"Terpaksa anak saya harus naik bus ke Surabaya dulu, kalau naik kereta juga sudah tidak bisa karena semua tiket kereta juga sudah habis terjual," katanya.

Petugas loket di Kantor PT Pelni Cabang Makassar juga mengakui untuk rute-rute tertentu seperti Jakarta dan Surabaya yang berada di wilayah barat jauh-jauh hari tiketnya sudah terjual habis, begitu pula dari wilayah timur seperti Ambon dan Jayapura juga tiketnya sudah dipesan.

Tingginya animo membeli tiket kapal PT Pelni ini pasca kenaikan tiket pesawat yang cukup tinggi, diakui Kepala Operasional PT Pelni Cabang Makassar Firman.

Menurut dia, pada musim mudik kali ini terdapat peningkatan pesanan tiket sekitar 20 persen dibanding kondisi normal. Sebagai gambaran, dalam kondisi normal rata-rata penjualan tiket di Kantor PT Pelni Cabang Makassar sekitar 200 - 300 tiket per hari.

"Namun pada saat peak season atau musim padat penumpang jumlah itu naik sekitar 20 persen," katanya.

Apalagi Makassar merupakan hub yang menghubungkan lokasi wilayah timur dan barat Indonesia.

Sementara puncak arus mudik yang turun di Makassar, diprediksi pada H-7 hingga H-5 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Begitu pula pada saat arus balik diprediksi puncaknya mulai H+5 hingga H+7.

Baca juga: Tiket Pelni tujuan Tanjung Priok-Surabaya-Makassar sudah habis
Baca juga: Pelni cabang Makassar mulai kurangi jenis muatan barang jelang Lebaran

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019