counter

Pesisir Selatan Matangkan Rencana Pembangunan Pasar

Pesisir Selatan Matangkan Rencana Pembangunan Pasar

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Hendro Kurniawan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terus mematangkan rencana pembangunan pasar semi modern Lakitan di Kecamatan Lengayang, daerah setempat yang dimulai pada 2020.

"Lokasi pembangunan pasar semi modern Lakitan hanya berjarak kurang dari satu kilometer dari pasar saat ini," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Hendro Kurniawan di Painan, Minggu.

Terkait rencana pembangunan pasar, pihaknya masih menunggu dokumen hibah dari masyarakat ke pemerintah kabupaten yang merupakan salah satu syarat yang mesti dipenuhi.

Setelah selesai, katanya, pihaknya akan membicarakan rencana tersebut ke Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan karena di sekitar lokasi terdapat areal persawahan.

"Kami berupaya tidak gegabah sehingga setiap pembangunan di Pesisir Selatan saling melengkapi satu sama lain bukan sebaliknya," katanya.

Selanjutnya melakukan lelang kegiatan penimbunan, karena lokasi pembangunan pasar agak rendah dan rentan digenangi air hujan, sehingga perlu ditimbun.

"Khusus penimbunan kami menganggarkan Rp500 juta, lelang kegiatan dimulai setelah semua dokumen selesai disiapkan," katanyai.

Ia mengungkapkan kondisi pasar Lakitan saat ini sudah tidak layak, selain mudah becek di musim penghujan, juga sudah tidak bisa menampung para pedagang.

Biasanya pada hari pasar, yakni hari Rabu para pedagang tidak hanya berjualan di kios-kios yang dibuat namun sampai ke bahu jalan sehingga cukup berisiko baik bagi pengguna jalan maupun para pedagang.

Selain itu, kata dia, pasar Lakitan juga tidak memiliki areal perparkiran yang memadai, sehingga parkir kendaraan terkesan apa adanya.

Pada 2020 selain akan membangun pasar semi modern Lakitan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan juga akan mengalokasi anggaran untuk membangun pasar semi modern Surantih, Kecamatan Sutera.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Banda Aceh bangun Mal Pelayanan Publik di Pasar Penayong

Komentar