Bandarlampung (ANTARA) - Program Kapal Ramadhan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung menyinggahi tiga pulau  yang berada di Bumi Ruwai Jurai membawa ratusan paket sembako.

"Kapal Ramadhan ini telah menyinggahi Pulau Sebesi, Pulau Tegal dan Pulau Legundi untuk memberikan semangat kepada mereka dalam menyambut Lebaran," kata Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Dharma Wahyuni dalam keterangan tertulisnya, diterima di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bantuan ini untuk meringankan beban penduduk di sana menjelang Idul Fitri karena bisanya harga - harga bahan pokok di ketiga pulau tersebut akan melambung tinggi.

Terutama dua pulau yang terdampak tsunami yakni Pulau Sebesi dan Pulau Legundi yang saat ini sebagian warga di dua pulau tersebut mencari nafkah dengan melaut dengan sisa perahu seadanya sehingga Lebaran kali ini menjadi saat yang tepat untuk melupakan kejadian pahit itu.

Program kapal Ramadhan ini, tambah Dian, bertujuan untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat di tiga pulau tersebut dan sebagai bentuk ikhtiar dalam membantu mereka di sana yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat dari terjangan tsunami beberapa waktu lalu yang menimpa daerah itu.

"Program ini merupakan komitmen kami untuk terus menjangkau pulau terluar," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh ACT ini mendapatkan dukungan dari beberapa pihak salah satunya Yayasan Alfian Husin dan IBI Darmajaya dengan menyediakan 120 paket sembako.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019