Saya menyampaikan terima kasih atas kerja kolaboratif sehingga berhasilnya ekspor perdana rumput laut hari ini,
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan ekspor perdana komoditi rumput laut dari Pelabuhan Tenau Kupang langsung ke negara tujuan Argentina melalui PT Rote Karaginan Nusantara.

Kegiatan ekspor dilakukan melalui acara Pelepasan Ekspor Perdana Rumput Laut PT Rote Karaginan Nusantara ke Argentina oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Lasikodat di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa.

"Saya menyampaikan terima kasih atas kerja kolaboratif sehingga berhasilnya ekspor perdana rumput laut hari ini," kata Viktor dalam sambutannya sekaligus mengajak para tamu bertepuk tangan atas kegiatan tersebut.

Ia mengapresiasi semua instansi maupun pribadi-pribadi yang terlibat dalam merealisasikan ekspor langsung tersebut yang menurutnya telah bekerja luar biasa.

Menurut dia, ekspor perdana ini merupakan bagian dari langka awal membangun perekonomian di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Saya optimistis untuk membawa NTT sebagai provinsi yang mampu memberikan kontribusi pada standar-standar dunia itu sedang kita kerjakan," ujarnya.

Setelah memberikan sambutan, ia melakukan seremoni pemukulan kendi sebagai tanda mulai diangkutnya sebuah kontainer berisi rumput laut sebanyak 25 ton berbentuk chip ke atas kapal KM Meratus Labuan Bajo/1901E.

Hadir dalam acara itu berbagai unsur lintas instansi terkait di antaranya, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Region Bali-Nusa Tenggara, Pusat Standarisasi BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Karantina Kupang, Pelindo III Tenau Kupang, PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang dan instansi lainnya di daerah setempat.

Selain itu, sejumlah kepala daerah di Pulau Timor juga hadir menyaksikan ekspor perdana rumput laut tersebut di antaranya, Bupati Belu Willybrodus Lay, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, dan Bupati Kupang Korinus Masneno.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019