Jadi sampai selesai perayaan Idul Fitri, stok masih cukup banyak. Untuk ukuran 12 kg tercatat sebanyak 800 tabung, 50 kg 180 tabung, ukuran 5,5 kg sebanyak 400 tabung, ditambah dengan setiap minggu suplai dari Surabaya tetap masuk Ambon
Ambon (ANTARA) - Pimpinan PT Pemantik Sumber Pratama (PSP) Andre Talahatu mengatakan saat ini stok elpiji cukup banyak dan diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga bulan depan termasuk Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Jadi sampai selesai perayaan Idul Fitri, stok masih cukup banyak. Untuk ukuran 12 kg tercatat sebanyak 800 tabung, 50 kg 180 tabung, ukuran 5,5 kg sebanyak 400 tabung, ditambah dengan setiap minggu suplai dari Surabaya tetap masuk Ambon," ujarnya di Ambon, Selasa.

Menurut Andre, sampai sekarang permintaan dari konsumen masih stabil, belum ada pengurangan atau pertambahan jumlah konsumen.

Stok yang ada sekarang ini sebanyak 1.000 tabung lebih, baik ukuran 12 kg, 50 kg, dan juga ukuran 5,5 kg.

"Sekarang ini lagi pembongkaran di Pelabuhan Ambon sebanyak 1.200 tabung, dan pada 30 Mei 2019 nanti akan masuk lagi 1.200 tabung, jadi persediaan cukup banyak," ujarnya.

Setiap minggu ada saja pasokan dari Surabaya masuk Ambon, sebab konsumen di Maluku tersebar bukan saja di Kota Ambon tetapi termasuk Pulau Buru dan beberapa kabupaten di Pulau Seram.

Andre menjelaskan permintaan setiap hari masih tetap seperti biasa terutama para konsumen yang selama ini membeli dari pihaknya baik datang dari rumah tangga, restoran dan hotel, kecuali kalau menghadapi hari-hari besar keagamaan terutama dalam menghadapi Idul Fitri.

"Biasanya kalau menghadapi hari-hari besar keagamaan mulai dari pelaksanaan ibadah puasa sampai Idul Fitri sudah pasti ada perubahan begitu juga menghadapi Natal dan tahun baru," ujarnya.

Baca juga: Safari Ramadhan digelar Pemkot Ambon di 10 titik

Baca juga: Pertamina MOR VIII Maluku Papua bagi-bagi takjil di SPBU Ambon

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019