Kupang (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang menyiapkan belasan armada feri untuk melayani para penumpang yang melakukan penyeberangan antarpulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur selama mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

"Semua armada kami ada belasan kami siapkan untuk layanan mudik Idul Fitri," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Burhan Zaim, kepada Antara di Kupang, Kamis.

Ia mengemukakan hal itu terkait kesiapan ASDP Cabang Kupang menghadapi lonjakan penumpang yang melakukan mudik dalam massa liburan Hari Raya Idul Fitri 1440 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Burhan mengatakan, semua armada yang disiapkan akan melayani berbagai rute seperti dari Kota Kupang, ibu kota provinsi ke daerah-daerah, maupun penyeberangan antarkabupaten di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Jadi layanan feri untuk mudik beroperasi seperti biasa sesuai jadwal yang kami siapkan," katanya.

Sebelumnya, kata dia, sejumlah lintasan sempat ditutup terutama di wilayah barat akibat kondisi gelombang laut tinggi mencapai hingga tujuh meter.

Namun saat ini kapal-kapal ferry sudah beroperasi pada semua lintasan untuk melayani penumpang yang hendak bepergian ke wilayah Flores, Sumba, Alor, Rote, Lembata.

Burhan memastikan, pihaknya tetap mengutamakan keselamatan penumpang dalam setiap pelayaran baik selama massa mudik maupun penyeberangan di hari-hari biasa.

"Seperti memastikan muatan sesuai dengan kapasitas kapal. Kemudian kami juga terus memantau informasi cuaca dari BMKG untuk penyesuaian di lapangan," katanya.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019