Medan (ANTARA) - Mudik Lebaran merupakan aktivitas yang telah menjadi tradisi setiap tahun untuk sebagian besar masyarakat kota Medan, Sumatera Utara, karenanya tak heran berbagai sarana mulai dari transportasi darat, laut maupun udara, dibanjiri penumpang menjelang perayaan hari libur Lebaran 2019 ini.

Seperti salah satu sarana transportasi angkutan darat yakni Bus Angkutan Lintas Sumatera (ALS). Tercatat, jumlah penumpang mudiknya mencapai 6.000 orang. "Kalau udah mau Lebaran pasti selalu meningkat jumlah penumpang dari hari biasanya, " kata Humas PT Angkutan Lintas Sumatera (ALS) Alwi Matondang kepada Antara di Medan, Kamis (30/5).

Ia menambahkan, melonjaknya jumlah para penumpang terjadi mulai hari ini karena bertepatan dengan hari libur kenaikan Isa Almasih.

"Baru mulai hari inilah penumpangnya ramai, karena ini juga hari libur, " ujarnya.

Menganai puncak arus mudik, ia memprediksi akan terjadi pada H-4 atau mulai tanggal 1-3 Juni 2019.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya puncaknya itu udah dekat-dekat hari Lebaran. Tapi itupun dari hari ini udah padat kali penumpang nya," jelas Alwi

Untuk rute yang dilalui bus ALS ini meliputi kota-kota di Sumatera dan Jawa antara lain Medan, Dumai, Palembang, Jambi, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang dan sebagainya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019