Ini tentang spirit dan motivasi atau kemauan pemain
Jayapura (ANTARA) - Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiantoro mengungkapkan bahwa skuat asuhannya punya motivasi tersendiri untuk meraih hasil imbang 1-1 ketika menghadapi tuan rumah Persipura Jayapura dalam laga lanjutan Shopee Liga I Indonesia di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat malam.

"Jadi, ini tentang spirit dan motivasi atau kemauan pemain, sebenarnya kami cukup riskan karena ada beberapa pemain yang kurang fit, tapi hasilnya bagus," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa para pemain banyak belajar dari kekalahan 0-2 ketika laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta pada beberapa pekan lalu.

"Meski datanga dengan 16 pemain dengan kondisi kurang fit, kami telah antisipasi lebih awal dan kami pelajari pada laga sebelumnya saat Persipura kalahkan kami di Maguwo, makanya kami lebih banyak bertahan dan kita coba untuk serangan balik, jadi kita minim peluang, tapi maksimal hasilnya," katanya.

Pada babak pertama, kata dia, sengaja formasi bertahan yang diturunkan dengan pola 4-3-2-1 sehingga minim peluang dan malah kebobolan.

Tetapi memasuki babak kedua, setelah belajar dari babak pertama dan melihat bahwa tim Persipura bermain bukan seperti di Maguwoharjo, pola tersebut dirubah ke 4-3-3 dan ternyata hasil yang didapatkan lebih baik.

"Setelah kemasukan, saya merubah pola dari 4-3-2-1 ke 4-3-3 sehingga kita lebih terbuka dan lebih banyak improvisasi dari pemain, dua gelandang yang saya diawal kita dorong kedepan, jadi untuk kreasinya lebih banyak disana dan terjadilah gol," katanya.

Seto juga mengakui bahwa dibulan ini, pemainnya ada yang menjalankan ibadah puasa sehingga diberikan pencerahan bahwa apa yang diyakini silahkan dijalankan.

PSS Sleman berhasil mencuri satu poin dari tuan rumah Persipura Jayapura, setelah dalam laga 2x45 menit berhasil menahan seri 1-1.

Tim berjuluk Laskar Sembada itu sempat tertinggal 1-0 dari tuan rumah lewat gol Titus Bonay yang diciptakan dari titik putih.

Gol balasan tim promosi itu dilesakkan oleh pemain asingnya Yevhen Bokhashvili pada menit 73.

Dengan hasil ini dipastikan PSS Sleman tetap bertahan di papan tengah dengan poin lima dari sekali menang, dua kali imbang. Sedangkan tim Persipura Jayapura masih berkutat di papan bawah dengan dua poin, dari sekali kalah dan dua kali imbang.

Baca juga: Pelatih PSS Sleman puas hasil imbang 1-1 melawan Persipura

Baca juga: Luciano akui Persipura banyak sia-siakan peluang

Baca juga: Seto menilai Persipura salah satu kandidat juara

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019