Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan belasungkawa dan duka cita sedalamnya atas wafatnya Ibu Kristiani Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono, istri Presiden Republik Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Saya mendoakan semoga keluarga besar Pak SBY diberikan ketabahan dan keikhlasan atas wafatnya Ibu Ani," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, DPR RI dan segenap rakyat Indonesia juga turut mendoakan almarhumah agar segala amal baiknya di dunia diterima Allah SWT.

Sebagai pribadi maupun ibu negara, menurut Bamsoet, Ibu Ani Yudhoyono, selalu lekat dengan kebaikan. Berbagai kiprahnya selama menjabat ibu negara turut menyukseskan pembangunan Indonesia, khususnya di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Politisi Partai Golkar dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII ini juga mengenang sosok Ibu Negara RI tahun 2004-2014 ini sebagai sosok yang tangguh, yakni cerminan karekter wanita Indonesia.

Ani Yudhoyono, kata dia, lahir dari keluarga pejuang pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hajjah Sunarti Sri Hadiyah, menjadikan Ani Yudhoyono tak hanya tangguh secara mental kepribadian, tetapi juga kuat dalam nasionalisme mencintai Indonesia.

"Sepak terjang Ibu Ani Yudhoyono selama menjalani kehidupan dari mulai kanak-kanak, remaja, hingga mendampingi Pak SBY saat menjadi prajurit sampai Presiden Republik Indonesia, sarat dengan pengalaman berharga yang bisa dijadikan pelajaran maupun teladan, khususnya bagi para wanita Indonesia,” tutur Bamsoet.

Sebagai orang tua, kata dia, Ani Yudhoyono terbilang sukses dalam mendidik kedua puteranya. Terbukti saat ini, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono sukses sebagai politisi muda. Bukan hanya karena ketampanannya dan kharismanya, juga karena kecerdasan dan kewibawaannya.

"Tentu itu semua tak terlepas dari pendidikan dan penanaman nilai-nilai yang diberikan Ibu Ani Yudhoyono kepada mereka berdua.

Menurut Bamsoet, Ani Yudhoyono, tidak hanya sukses menjadi istri dan ibu, juga telah menjadi ibu negara dan panutan bagi masyarakat luas. "Pada bulan Ramadhan yang mulia ini, mari senantiasa kita sisipkan doa, Insya Allah Ibu Ani bahagia di Surga-Nya," kata Bamsoet.


 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019