counter

Bantul targetkan kunjungan 260.000 wisatawan selama libur Lebaran

Bantul targetkan kunjungan 260.000 wisatawan selama libur Lebaran

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Tren kunjungan wisatawan ke Bantul selalu ada kenaikan dan harapannya tahun ini di atas 260.000 orang untuk kunjungan wisata selama 10 hari Lebaran dari 6 Juni sampai 16 Juni
Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan kunjungan 260.000 wisatawan ke semua destinasi wisata daerah ini selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Tren kunjungan wisatawan ke Bantul selalu ada kenaikan dan harapannya tahun ini di atas 260.000 orang untuk kunjungan wisata selama 10 hari Lebaran dari 6 Juni sampai 16 Juni," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, target kunjungan wisatawan selama libur efektif Lebaran 2019 itu lebih tinggi dari yang ditargetkan pada libur Lebaran 2018 yang sebanyak 250.000 orang, meski dalam realisasinya bisa mencapai sekitar 259.000 orang selama 10 hari.

Bahkan, kata dia, jika dibandingkan dengan realisasi kunjungan wisatawan ke Bantul selama 10 hari penarikan retribusi di tempat pemungut retribusi (TPR) wisata pada libur Lebaran 2017 meningkat yaitu sebanyak 224.000 orang.

"Kenapa kita prediksi kunjungan 260.000 orang, itu karena arus wisatawan pada Lebaran tahun ini yang bersamaan dengan libur sekolah itu dimungkinkan nanti wisatawan yang ke Yogyakarta termasuk Bantul akan lebih banyak," katanya.

Apalagi, kata dia, Bantul memiliki objek wisata andalan yaitu Pantai Parangtritis yang menjadi tujuan utama wisatawan, selain itu beberapa pantai Bantul di wilayah barat sudah mulai dikenal dan dikunjungi wisatawan sebagai wisata alternatif.

"Jadi nanti Jalan Parangtritis akan macet, sementara jalan Samas menuju pantai Gua Cemara dan Pantai Baru relatif lancar, sehingga diprediksi untuk wisata pantai terjadi kenaikan di wilayah barat, sekalipun di Parangtritis tetap tinggi kunjungannya," katanya.

Dia mengatakan hal itu karena pertimbangan wisatawan cenderung menghindari kemacetan di Jalan Parangtritis, sehingga pihaknya memprediksi pada libur Lebaran 2019 ada pertumbuhan wisatawan di pantai wilayah barat.

Berkaitan dengan persiapan libur Lebaran, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran terkait dan di tingkat internal, termasuk korindinasi dengan lintas sektoral seperti Polres, Kodim, Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan ormas lain.

"Bahwa di pariwisata kita persiapkan kegiatan khusus bersama lintas sektoral, untuk 6 sampai 9 Juni melibatkan seluruh elemen terkait dan tim khusus, sedangkan mulai 10 sampai 16 Juni lebih kepada pengamanan kegiatan libur usai hari raya," katanya.

Baca juga: Dinkes Bantul dirikan pos kesehatan di tempat wisata liburan Lebaran

Baca juga: Produksi makanan tradisional mides Bantul jelang Lebaran meningkat


 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar