Di mata masyarakat Aceh, semasa hidupnya Ibu Ani selalu setia mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono kemana pun beliau pergi. Beliau menjadi panutan karena sangat setia kepada suami ketika melaksanakan tugas negara
Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengakui mantan ibu negara almarhumah Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo atau Ani Yudhoyono, merupakan sosok perempuan yang menginspirasi kalangan perempuan di Aceh.

"Di mata masyarakat Aceh, semasa hidupnya Ibu Ani selalu setia mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono kemana pun beliau pergi. Beliau menjadi panutan karena sangat setia kepada suami ketika melaksanakan tugas negara," kata Bupati Ramli MS kepada Antara, Sabtu di Meulaboh.

Sifat kesetiaan inilah, yang membuat masyarakat khususnya kaum perempuan sangat kagum dengan sosok almarhumah semasa hidupnya.

Sebagai masyarakat Aceh dan Kabupaten Aceh Barat, sosok ibu Ani Yudhoyono dikenal sebagai ibu negara yang mampu memberikan semangat bagi masyarakat dan kaum perempuan di Aceh.

Hal ini terbukti dalam beberapa kali kunjungan ke Bumi Serambi Mekkah, kedatangan Ibu Ani yang mendampingi Bapak SBY sangat disenangi dan dicintai oleh masyarakat. Di beberapa kegiatan, banyak kaum ibu yang ikut serta dalam menghadiri kegiatan dan meminta swafoto dengan beliau.

"Ketika kunjungan kerja ke Aceh, Ibu Ani selalu hadir dengan sosok ibu negara yang sangat menghargai adat dan istiadat masyarakat Aceh, termasuk dalam membela hak kaum perempuan di Aceh," kata Ramli MS.

Dengan wafatnya mantan ibu negara ini, Ramli MS mengakui masyarakat Aceh sangat berduka dan kehilangan salah satu tokoh perempuan di Indonesia yang selama ini dikenal sangat peduli dengan hak perempuan maupun perlindungan anak.

Ia juga meminta masyarakat agar mendoakan ibu Ani Yudhoyono semoga menjadi ahli surga dan diampuni segala dosa.

"Kami juga meminta Bapak SBY dan keluarga tabah dengan ujian ini, karena semua kita manusia pasti akan kembali kepada sang pencipta. Cepat atau lambat hal itu pasti akan terjadi," ujarnya.

Baca juga: Kowani : Ibu Ani sangat peduli perlindungan anak dan perempuan
Baca juga: Indonesia kehilangan sosok inspiratif dan figur ibu panutan

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019