Jakarta (ANTARA) - Berkumpul bersama keluarga, bersilaturahmi dengan kerabat dan tetangga merupakan aktivitas yang dinanti saat Lebaran.

Namun, bagi Erick Arrachman, petugas yang bertanggung jawab di Bandara Halim Perdanakusuma, aktivitas itu tidak dapat dilakukannya tahun ini.

Pada Idul Fitri 1440 Hijriah yang akan jatuh pada 5 Juni 2019 menurut kalender, pria asal Pekalongan itu mendapat jadwal bertugas, di saat Muslim merayakan kemenangan bersama keluarga dan orang terdekat.

Meski demikian, ia tidak mengeluh dan tak keberatan. Erick justru ingin memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jasa di Bandara Halim.

"Tidak masalah. Karena ini bagian dari pelayanan masyarakat dan pelayanan itu tidak terbentur dengan waktu," katanya saat ditemui di kantornya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu.

Menurutnya, sebagai pelayan masyarakat, ia dan rekan-rekannya terbiasa menjalankan tugas 24 jam secara bergantian, baik itu saat Lebaran, Natal, tahun baru, dan hari libur nasional lainnya.

"Jadi saat orang-orang sedang takbiran, saya dinas di sini. Terpisah jarak ratusan kilometer dari keluarga," katanya saat ditanya tentang keluarga yang sudah terlebih dahulu mudik ke Pekalongan.

Pria kelahiran 1971 itu mengatakan bertugas selama libur Lebaran sudah dijalaninya dari tahun ke tahun.

Meski sesekali muncul keinginan untuk berkumpul dengan keluarga di Hari Raya, Erick berusaha menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan tetap bersemangat untuk mengabdi, juga beribadah.

Senada dengan Erick, Plt Finance Manager and Human Resources Bandara Halim Perdanakusuma Agus Santoso juga mengatakan tidak keberatan jika harus bertugas saat Lebaran.

Meski demikian, dia bersyukur karena pada Lebaran tahun ini dirinya dibebastugaskan dan bisa berkumpul dengan keluarga.

Kali ini, ia dan keluarga memilih untuk merayakan Idul Fitri di Jakarta saja lantaran banyak sanak saudaranya yang memilih untuk datang ke ibu kota.

Berbeda dengan Lebaran tahun lalu, saat dirinya, anak dan istrinya bersilaturahmi ke kampung halaman orang tuanya di Purworejo.

Dia tidak memungkiri bahwa libur saat Lebaran dan mudik ke kampung halaman adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama bagi anak-anaknya.

Baca juga: H-3 Lebaran, volume penumpang di Bandara Halim meningkat signifikan

Baca juga: Bandara Halim sambut pemudik lebaran 2019 dengan pentas musik


 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019