Bagi kaum wanita kalau berpergian jangan memakai perhiasan yang mencolok. Saat meninggalkan rumah, pastikan listrik sudah dimatikan, lalu pintu dan jendela sudah dikunci,
Tanjungpinang (ANTARA) (ANTARA) - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun mengimbau kepada masyarakat supaya tidak bermewah-mewahan dalam merayakan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, melainkan dilakukan dengan pola hidup yang sederhana.

Imbauan itu selalu disampaikan Nurdin dalam setiap kesempatan kegiatan Safari Ramadhan di masjid-masjid yang ada di wilayah Kepri.

"Pertama, Allah tidak suka hamba-Nya berlebih-lebihan. Kemudian, ingat setelah lebaran ada lagi kebutuhan lain seperti sekolah anak dan sebagainya," katanya di Tanjungpinang, Senin.

Selain itu, ia juga meminta warganya selalu menjaga keamanan diri, keluarga dan tempat tinggal selama menikmati musim lebaran.

"Bagi kaum wanita kalau berpergian jangan memakai perhiasan yang mencolok. Saat meninggalkan rumah, pastikan listrik sudah dimatikan, lalu pintu dan jendela sudah dikunci," tambahnya.

Ketua DPW Nasdem Kepri itu turut mengharapkan, buat masyarakat yang mengendarai sepeda motor saat mudik lebaran, agar memperhatikan kelengkapan dan surat kendaraannya. Tidak kebut-kebutan di jalanan yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Selanjutnya, khusus para pemudik yang menggunakan moda transportasi laut. Nurdin turut mengingatkan supaya patuh dengan arahan petugas di lapangan sebelum naik ke kapal.

"Tetap waspada, karena bahaya selalu mengintai kita. Jangan gara-gara kesalahan kecil menyebabkan kerugian yang besar," lanjutnya.

Dia mendoakan seluruh aktivitas mudik tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman. Seluruh pemudik ia doakan selamat sampai tujuan masing-masing.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019