Khusus untuk lintasan Kupang-Rote, mulai hari ini, Senin, (4/6), sudah mulai dibuka kembali, tetapi dengan sistem buka tutup. Tergantung kondisi cuaca,
Kupang (ANTARA) -
PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, mulai Selasa memberlakukan buka tutup pelayaran pada lintasan Pelabuhan Bolok Kupang-Rote Ndao.

Pemberlakukan sistem buka tutup ini karena kondisi gelombang di wilayah perairan di Selatan Pulau Timor masih belum cukup kondusif untuk dilayari, kata Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kupang, Burhan Sahim di Kupang, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan perkembangan pelayaran pada dua lintasan penyeberangan yang ditutup selama sekitar satu pekan terakhir ini dengan alasan cuaca.

Dua lintasan penyeberangan yang ditutup sejak 29 Mei 2019 itu adalah Pelabuhan Bolok Kupang-Rote Ndao dan Sabu Raijua.

"Khusus untuk lintasan Kupang-Rote, mulai hari ini, Senin, (4/6), sudah mulai dibuka kembali, tetapi dengan sistem buka tutup. Tergantung kondisi cuaca," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga mengubah jam keberangkatan dari biasanya pukul 08.00 WITA menjadi pukul 05.00 WITA, untuk menyesuaikan kondisi di wilayah perairan laut, ujarnya.

Sementara untuk lintasan Kupang-Sabu Raijua belum bisa dilayani karena berdasarkan laporan BMKG, kondisi gelombang laut belum memungkinkan untuk dilayani.

"Kami harapkan, paling lambat pada 6 Juni 2019, semua lintasan penyeberangan sudah bisa normal kembali," katanya.

 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019