Muntok, Babel (ANTARA) - Antrean kendaraan para pemudik tidak lagi terlihat di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa siang atau H-1 Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Hari ini kendaraan pemudik sudah sepi mulai sekitar pukul 09.00 WIB, semuanya sudah terlayani untuk menyeberang menggunakan kapal feri," kata petugas jaga Posko Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Barat, Andry di Muntok, Selasa.

Meskipun sudah cukup sepi dan diprediksi akan berlangsung hingga beberapa hari sesudah Idul Fitri 1440 Hijriah, namun para petugas akan tetap melakukan piket sesuai jadwal.

Pantauan di pelabuhan utama penghubung Pulau Bangka ke Sumatera, di terminal tunggu kendaraan roda empat, pada Selasa sekitar pukul 15.00 WIB terdapat sebanyak 18 unit mobil pribadi dan satu unit truk yang sedang mengantre naik ke kapal feri untuk diberangkatkan menuju Pulau Sumatera.

Di terminal tunggu sepeda motor, terdapat sekitar 30 unit sedangkan di ruang tunggu penumpang hanya ada beberapa orang yang sedang menunggu keluarga yang akan turun dari kapal atau sekedar beristirahat di siang hari yang cukup terik.

Di posko pelayanan dan pengamanan tempat sejumlah personel Kepolisian sedang berjaga dan ada beberapa petugas yang masih bertugas melayani beberapa orang calon penumpang naik ke kapal feri.

Pantauan di terminal tunggu angkutan umum dan kendaraan penjemput masih cukup banyak kendaraan umum dan travel yang sedang menunggu penumpang yang baru turun kapal.

Sedangkan di terminal luar kawasan pelabuhan sudah tidak terlihat lagi truk dan kendaraan ekspedisi seperti sehari sebelumnya dimana lokasi itu dipenuhi antrean kendaraan angkutan barang yang menunggu jadwal menyeberang ke Pelabuhan Tanjungapi-api, Sumatera Selatan. ***3***

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019