counter

Komunitas Lintas Iman bantu umat Islam di Banyumas saat salat Id

Komunitas Lintas Iman bantu umat Islam di Banyumas saat salat Id

Sejumlah anggota Komunitas Lintas Iman memunguti sampah yang ditinggalkan jamaah usai salat Id di Alun-Alun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu (5/6/2019) pagi. (Foto: Sumarwoto)

Ini juga menunjukkan bahwa keberagaman itu indah. Kegiatan ini melibatkan warga dari berbagai agama, kecuali umat Islam yang saat ini sedang merayakan Idul Fitri.
Purwokerto (ANTARA) - Komunitas Lintas Iman Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melaksanakan berbagai kegiatan untuk membantu umat Islam yang melaksanakan salat Id dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, salah satunya di Alun-Alun Purwokerto.

"Kami dari Komunitas Lintas Iman ini mewujudkan yang namanya toleransi. Toleransi itu tidak hanya dalam bentuk pikiran, tetap harus dengan tindakan yang konkret dan ini momentum salat Id adalah kesempatan bagi kami untuk mewujudkan itu," kata F.A. Agus Wahyudi selaku Koordinator Komunitas Lintas Iman yang bertugas di Alun-Alun Purwokerto, Rabu pagi.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya membantu umat Islam yang sedang merayakan Hari Raya Idul Fitri, khususnya yang melaksanakan salat Id di Alun-Alun Purwokerto.

Menurut dia, kepedulian tersebut diwujudkan dengan membantu menyeberangkan jalan, memungut sampah di lokasi salat Id, dan berbagai kegiatan lain termasuk menyediakan tenaga medis.

Khusus di Alun-Alun Purwokerto, kata dia, pihaknya melibatkan 25 anggota Komunitas Lintas Iman dan 12 tenaga medis berikut satu mobil ambulans.

"Ini juga menunjukkan bahwa keberagaman itu indah. Kegiatan ini melibatkan warga dari berbagai agama, kecuali umat Islam yang saat ini sedang merayakan Idul Fitri," katanya.

Ia mengatakan kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Lintas Iman tersebut digelar di 14 lokasi se-Kabupaten Banyumas dan tiap tahun akan diperluas.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai melaksanakan salat Id di Alun-Alun Purwokerto, memberikan apresiasi kepada Komunitas Lintas Iman Kabupaten Banyumas yang telah membantu umat Islam selama pelaksanaan salat Idul Fitri.

"Ini saudara-saudara kita dari agama Buddha, Kristen, dan Katolik, semua membantu. Jadi, kita tunjukkan dari Banyumas, kita bisa rukun, saling bantu, inilah Indonesia," katanya. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar