Pangkalpinang (ANTARA) - Jumlah pemudik yang melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H-15 hingga H-1 lebaran tujuan Pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Pandan mencapai 6.330 orang dan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, arus mudik tahun ini berjalan aman, lancar dan pemudik selamat sampai tujuannya," kata Kepala Harian Posko Pelayanan Mudik Lebaran Pelabuhan Pangkalbalam, Ferdiansyah di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan sebanyak 6.330 orang pemudik yang berangkat melalui Pelabuhan Pangkalbalam dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sebanyak 5.591 penumpang dan Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung 1.039 orang.

"Sampai saat ini belum ada penambahan armada dan keberangkatan kapal sesuai jadwal yang ditetapkan," ujarnya.

Menurut dia sampai saat ini kapal yang disiagakan sebanyak lima armada angkut kapal roro tujuan Tanjung Priok dan satu kapal cepat tujuan Belitung yang setiap hari melayani masyarakat yang hendak mudik Lebaran.

"Kita pastikan armada yang ada cukup untuk mengakomodir penumpang, sehingga belum penambahan jadwal keberangkatan maupun penambahan armada," katanya.

Ia menambahkan selama musim angkutan lebaran kapal cepat tujuan Belitung akan beroperasi setiap hari pulang pergi dan berhenti beroperasi hanya pada saat hari raya dan akan melayani masyarakat kembali pada H+2.

Sedangkan untuk armada angkut kapal roro tujuan Pelabuhan Tanjung Priok sehari beroperasi sebanyak satu sampai dengan dua kapal, berhenti barangkat pada hari raya dan akan berangkat kembali lada H+4 atau H+5 karena biasaya pemudik belum mau pulang ke tempat kerja, karena masih menikmati suasana Lebaran.

"Kami memperkirakan arus balik akan mulai mengalami meningkat pada H+7 lebaran, karena ASN dan karyawan swasta sudah mulai bekerja," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019