Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat memberlakukan sistem satu jalur pada sejumlah ruas jalan utama karena volume kendaraan yang melintas di jalur tersebut meningkat hingga 30 persen, sehingga mengakibatkan antrean kendaraan mengular di sejumlah titik rawan macet seperti Jalan Raya Bandung-Cianjur dan Puncak-Cipanas.

Kabagops Polres Cianjur Kompol Warsito, di Cianjur Kamis, mengatakan memasuki hari kedua lebaran volume kendaraan yang melintas di wilayah hukum Cianjur meningkat tajam sejak pagi hingga malam menjelang. Peningkatan volume kendaraan terlihat memanjang di wilayah Puncak menuju Cianjur atau dari Bandung menuju Cianjur.

"Antrean kendaraan sudah terlihat sejak pagi hingga malam menjelang, sehingga kami berlakukan rekayasa arus untuk mengurai antrean agar tidak terjadi macet total seperti di Jalan Raya Ciranjang- Bandung dan beberapa titik di Puncak-Cipanas," katanya pula.

Ia menuturkan, volume kendaraan yang paling padat terjadi di jalur Ciranjang, jalur yang dianggap sebagai 'bottleneck' karena tidak ada jalan alternatif di jalur tersebut, sehingga penanganan harus dengan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup satu arah.

"Kamis pagi petugas sudah memperlakukan sistem satu arah dari Cianjur menuju Bandung untuk menangani kepadatan karena volume kendaraan dari Bandung menuju Cianjur tidak begitu padat. Namun sifatnya situasional ketika dari kedua arah padat tidak dapat dilakukan," katanya pula.

Dia menjelaskan, terkait peningkatan volume kendaraan di jalur tersebut membuat pihaknya menambah personel yang siaga di jalur tersebut. Hal yang sama juga dilakukan di Jalur Puncak-Cianjur.

Ia menambahkan, khusus untuk jalur Ciranjang, pihaknya menilai perlu dibuat jalur alternatif atau fly over agar dapat mengurai kemacetan di jalur 'bottleneck' terutama pada saat libur panjang seperti libur hari raya dan libur Panjang.

"Diharapkan pemerintah kabupaten, provinsi sampai pusat segera membangun jalur alternatif seperti halnya menuju Puncak-Bogor-Jakarta yang bisa melalui jalur alternatif Sukabumi dan Jonggol," katanya pula.

Sejak pagi hingga malam menjelang antrean kembali mengular di sejumlah jalur utama Cianjur, terutama di Jalur Puncak-Cianjur dan Jalan Raya Ciranjang. Sebagian besar kendaraan mengarah keluar Cianjur, seperti Bandung dan Bogor-Jakarta dari arah Puncak-Cipanas.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019