Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI dari Yonif 126/KC berhasil mengamankan seorang pengendara motor yang membawa narkotika jenis ganja dengan berat kurang lebih 1 Kg ketika menggelar sweeping di Jalan TransPapua, Kampung Kalibom, Distrik Warism Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Sabtu mengatakan bahwa sweeping yang digelar pada Jumat (7/6) itu dilaksanakan di depan Pos Kalibom yang dipimpin langsung Danpos Letda Inf Wagianto beserta 10 orang anggotanya.

"Dalam pelaksanaan sweeping, prajurit Satgas Pamtas Yonif 126/KC menghentikan pengendara sepeda motor merk Honda Revo yang melintas dari Waris menuju Arso," katanya tanpa menyebutkan nama pengendara motor tersebut.

Pada saat dilakukan pemeriksaan terhadap oknum masyarakat tersebut, kata dia, personel menemukan dalam barang bawaannya 11 paket ganja kering dengan berat diperkirakan kurang lebih 1 kg di dalam tas ransel.

"Dengan ditemukan barang bukti ganja, pelaku langsung diamankan dan diperiksa. Dan menurut pengakuannya ganja tersebut akan dikonsumsi sendiri," katanya.

Setelah selesai diperiksa dan diambil keterangan, selanjutnya diserahkan ke pihak yang berwajib Polsek Waris untuk dilaksanakan proses lebih lanjut.

"Kegiatan sweeping ini akan terus dilakukan anggota dengan tujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan mencegah kegiatan ilegal maupun peredaran minum-minuman keras dan narkoba di wilayah perbatasan," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019