Warga padati kantor Disdukcapil di hari pertama kerja

Warga padati kantor Disdukcapil di hari pertama kerja

Warga Palangka Raya antre di kantor Disdukcapil kota setempat, Senin (10/06/19). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Warga di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah memadati kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di hari pertama kerja usai libur Lebaran 2019.

"Hari ini masyarakat yang datang untuk meminta pelayanan di Disdukcapil membludak hingga di ruang tunggu dan pelayanan terasa sesak. Sebagian masyarakat yang antre harus sambil berdiri," kata Kepala Disdukcapil Kota Palangka Raya Zulhikmah Rafieq, Senin.

Menurut dia, hari pertama hari pertama pendaftaran sekolah menjadi salah satu penyebab banyaknya masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah berbondong-bondong ke kantor Disdukcapil.

"Hari pertama kerja ini juga bertepatan dengan momen penerimaan sekolah sehingga para orang tua memanfaatkannya untuk melengkapi syarat administrasi berupa pengesahan dokumen atau legalisir kartu keluarga dan kartu tanda penduduk," katanya.

Meski demikian, menurut Zulhikmah penumpukan antrean masyarakat di kantor yang terletak di kawasan Lingkar Dalam , Jalan Ir Soekarno masih dalam kategori wajar.

Menurut dia,  antrean masyarakat itu masih dalam tahap wajar, apalagi rata-rata pelayanan pengesahan KK dan KTP itu hanya memakan waktu maksimal 20 menit.

"Tadi Pak Wali juga menekankan bahwa kita harus selalu mengedepankan pelayanan prima meski di hari pertama kerja usai libur Lebaran. Termasuk di hari ini yang banyak masyarakat mengantre," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan Zulhikmah saat dikonfirmasi usai Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memantau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil "Kota Cantik" itu.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meminta seluruh aparatur sipil negara di bawah pimpinannya selalu mengedepankan sikap profesional dan transparan serta ikhlas dalam memberikan pelayanan.

Pada kesempatan itu, wali kota memantau Dinas Perumahan dan Permukiman, Disdukcapil, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta dua kelurahan. Turut mendampingi sidak yaitu Kepala Inspektorat serta sejumlah kepala dinas Kota Palangka Raya.

Selain rombongan wali kota, pemantauan juga dilakukan oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah. Rombongan kedua itu juga memantau sejumlah instansi yang terkait langsung dengan pelayanan publik.

Baca juga: Hari pertama kerja, Wali Kota Medan lakukan sidak ke Disdukcapil
Baca juga: Hari pertama masuk kerja, Bupati Sleman sidak OPD
Baca juga: Bupati Bangka dapatkan tiga pegawai bolos di hari pertama kerja

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Disdukcapil Kendari bantah keluarkan KTP " Mr Wang"

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar