counter

Rekaman diduga berisi suara Frida Kahlo ditemukan di Meksiko

Rekaman diduga berisi suara Frida Kahlo ditemukan di Meksiko

Lukisan Frida Kahlo (wikimedia)

Jakarta (ANTARA) - Hanya segelintir ikon Meksiko yang lebih terkenal dari pelukis Frida Kahlo. Karya-karya Frida Kahlo populer, hanya suaranya yang tidak pernah didengar publik saat ini.

Namun, pada Rabu lalu, Perpustakaan Musik Nasional Meksiko merilis rekaman radio yang berisi suara sang seniman saat membacakan fragmen "Portrait of Diego", sebuah teks yang ditulisnya pada 1949 tentang suaminya, pelukis Diego Rivera.

Pemerintah Meksiko mengumumkan penemuan itu dengan tambahan informasi, bahwa studi menunjukkan rekaman itu adalah suara Kahlo, tetapi mereka mengakui tidak dapat mengonfirmasinya.

"Ini adalah temuan yang memiliki banyak elemen yang dapat diidentifikasi sebagai kemungkinan suara Frida Kahlo, tetapi belum pasti 100 persen," kata Sekretaris Kebudayaan Alejandra Frausto seperti dikutip dari Reuters.

Kahlo, yang menghabiskan banyak waktu di atas tempat tidur setelah kecelakaan lalu lintas di masa muda, adalah pencipta sekitar 200 lukisan, sketsa dan gambar - terutama potret diri - di mana ia mengubah ketidakberuntungannya menjadi karya-karya dengan warna yang berani dan lambang yang kuat.

Ketenaran global terwujud setelah ia tutup usia pada 1954, dan setelah tahun 1970 Kahlo dikenal sebagai ikon feminis.

Pavel Granados, direktur Fonoteca, perpustakaan musik nasional, mengatakan audio itu ditemukan pada Januari dari program percontohan pembawa acara radio terkenal Meksiko Alvaro Galvez y Fuentes, dari 1953 atau 1954, tak lama sebelum pelukis meninggal pada usia 47 setelah menderita gangren dan depresi.

Baca juga: Karya robot yang lukis permukaan bulan dipamerkan di London
 

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar