Daerah yang memang betul-betul meningkatkan iklim investasinya, kita akan pikirkan akan dimasukkan dalam kriteria untuk mendapatkan insentif daerah
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mempertimbangkan pemberian insentif bagi daerah yang mampu meningkatkan indikator pembangunan dan mendorong minat investasi.

"Daerah yang memang betul-betul meningkatkan iklim investasinya, kita akan pikirkan akan dimasukkan dalam kriteria untuk mendapatkan insentif daerah," kata Sri Mulyani usai mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI di Kompleks Parlemen l, Senayan, Jakarta, Senin.

Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah akan mempertimbangkan pemberian insentif tersebut agar tercipta peningkatan investasi dan ekspor mulai dari daerah.

Meski demikian, tambah dia, daerah perlu memenuhi beberapa indikator pembangunan yang ditentukan guna bisa mendapatkan investasi, salah satunya adalah indikator tentang tata kelola daerah.

Menurut dia, urgensi dari semakin meningkatnya kepentingan untuk memperbaiki iklim investasi ini sejalan dengan usaha pemerintah yang telah membuat sistem perizinan terintegrasi atau Online Single Submission (OSS).

Oleh karena itu, keselarasan pusat dan daerah dalam meningkatkan minat investasi itu bisa didukung dengan pemberian insentif kepada daerah yang benar-benar mampu mendorong minat investasi.

Bagi daerah yang ingin mendapatkan insentif tersebut, Sri Mulyani, menegaskan bahwa mereka perlu berlomba-lomba memperbaiki kriteria dalam menarik investasi dan meningkatkan kriteria kinerja ekspor.

Baca juga: Sri Mulyani sebut investasi jadi penopang pertumbuhan 5,3-5,6 persen
Baca juga: Pemerintah upayakan pemulihan investasi dan ekspor pada 2020
Baca juga: Menkeu tegaskan pemerintah akan terus dorong investasi

Pewarta: Katriana
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2019