counter

Para anggota UE terima "scorecard" campuran mengenai tujuan iklim

Para anggota UE terima "scorecard" campuran mengenai tujuan iklim

Uni Eropa mendesak negara-negara anggotanya pada Selasa untuk mempercepat usaha-usaha memenuhi tujuan iklim mereka tahun 2030 setelah satu pengkajian menunjukkan mereka belum memenuhi sasaran di beberapa bidang sementara para pemimpin blok itu siap memperdebatkan netral karbon pada tahun 2050.

Brussels (ANTARA) - Uni Eropa mendesak negara-negara anggotanya pada Selasa untuk mempercepat usaha-usaha memenuhi tujuan iklim mereka tahun 2030 setelah satu pengkajian menunjukkan mereka belum memenuhi sasaran di beberapa bidang sementara para pemimpin blok itu siap memperdebatkan netral karbon pada tahun 2050.

Dengan target pertengahan abad mengenai agenda itu di konferensi tingkat tinggi UE pekan ini, audit Komisi Eropa menunjukkan blok beranggota 28 negara itu berada di jalur untuk memenuhi janjinya mengurangi emisi sebanyak 40 persen pada tahun 2030.

Namun, eksekutif UE mengatakan negara-negara masih belum mencapai sasaran di beberapa sektor yang menyebabkan polusi seperti pertanian dan transpor serta target-target mengenai penghematan energi dan penggunaan energi terbarukan.

"Dengan rencana-rencana ini, kami punya semua alat yang diperlukan untuk mencapai sasaran tahun 2030, tapi itu tak cukup," kata Komisaris Iklim Miguel Arias Canate kepada wartawan, dengan mengimbau rincian-rincian lagi dalam rencana-rencana akhir pada akhir tahun.

"Menuju netral karbon tahun 2050 merupakan isyarat bahwa negara-negara anggita seharusnya berikan."


Sumber: Reuters

 

Melawan diskriminasi sawit Indonesia

Penerjemah: Mohamad Anthoni
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar