counter

AS libas Guyana 4-0 pada pertandingan perdananya di Piala Emas

AS libas Guyana 4-0 pada pertandingan perdananya di Piala Emas

Tyler Boyd, Gyasi Zardes, dan Christian Pulisic merayakan gol yang tercipta dalam pertandingan Grup D Piala Emas 2019 yang berlangsung di Saint Paul, Minnesota, AS pada Rabu (19/6/2019) pagi WIB. (twitter.com/USMNT)

Jakarta (ANTARA) - AS memulai langkah mereka untuk mempertahankan gelar juara Piala Emas dengan melibas Guyana 4-0 dalam pertandingan Grup D yang dimainkan di Saint Paul, Minnesota, AS pada Rabu pagi WIB.

Paul Arriola membuka keunggulan The Stars and Stripes pada menit ke-28, sebelum Tyler Boyd mengemas dua gol dan Gyasi Zardes menyumbang satu gol pada babak kedua, demikian dilansir Reuters.

Raihan tiga poin membawa AS memuncaki klasemen sementara Grup D, sedangkan Guyana terpuruk di peringkat keempat. Dua tim lain yang menghuni Grup D adalah Panama dan Trinidad dan Tobago.

AS menekan sejak awal, di mana Boyd sempat menyia-nyiakan peluang bagus pada menit ke-18. Peluang lain didapat Christian Pulisic, namun masih dapat digagalkan kiper Guyana Akel Clarke.

Tuan rumah baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-28. Weston McKennie menggiring bola di sisi kiri sebelum mengoperkannya kepada Arriola, yang melepaskan sepakan melengkung melewati Clarke menuju sudut jauh gawang.

Boyd mencatatkan gol pertamanya di laga ini pada menit ke-51. Diawali umpan panjang Michael Bradley, Boyd yang sebenarnya terlihat berada dalam posisi offside sukses memaksimalkan peluang. Ini merupakan gol ke-1.000 yang dibukukan timnas AS, terhitung sejak memainkan laga pertamanya pada Agustus 1916.

Turnamen ini tidak menggunakan teknologi VAR, sehingga gol Boyd tidak dapat ditinjau ulang oleh wasit.

Zardes memperbesar keunggulan AS lima menit kemudian. Gol ini tercipta diawali dari tembakan keras Arriola yang berupaya disapu oleh pemain bertahan Guyana, bola kemudian membentur wajah penyerang Columbus Crew tersebut dan masuk ke dalam gawang.

Boyd mengukir gol keduanya sembilan menit menjelang waktu normal usai, mendapat operan dari Arriola, ia kemudian melepaskan tembakan yang terdefleksi dan melewati kiper Clarke.

AS selanjutnya akan berhadapan dengan Trinidad dan Tobago pada 23 Juni.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Jokowi melepas kontingen Pramuka Indonesia ke AS

Komentar