Orang bertanya-tanya berapa lama Washington akan terus mengklaim bahwa mereka membantu ekonomi AS
Washington (ANTARA) - Defisit perdagangan AS melonjak pada Mei dan ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China membantu mendorong aktivitas di sektor jasa ke level terendah dua tahun pada Juni, tanda-tanda lebih jauh bahwa pertumbuhan ekonomi melambat tajam pada kuartal kedua.

Prospek suram ekonomi juga digarisbawahi oleh data lain pada Rabu (3/7/2019) menunjukkan pengusaha swasta menambahkan pekerjaan jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan pada bulan lalu.

Pesanan baru untuk barang-barang manufaktur turun pada Mei untuk bulan kedua berturut-turut.

Laporan tersebut mengikuti data investasi perumahan dan bisnis yang lemah baru-baru ini, serta belanja konsumen yang moderat. Kepercayaan bisnis dan konsumen telah menurun.

Perlambatan dalam kegiatan, karena stimulus besar-besaran tahun lalu dari pemotongan pajak dan pengeluaran pemerintah yang lebih banyak, memudar dapat mendorong Federal Reserve untuk memotong suku bunganya bulan ini.

Bank sentral AS bulan lalu mengisyaratkan pihaknya dapat melonggarkan kebijakan moneter secepatnya pada pertemuan 30-31 Juli, mengutip meningkatnya risiko terhadap ekonomi dari perang perdagangan antara Washington dan Beijing, dan inflasi yang rendah. Dana Moneter Internasional (IMF) telah menurunkan estimasi pertumbuhan global karena berkurangnya arus perdagangan sebagai akibat dari pertarungan perdagangan.

"Orang bertanya-tanya berapa lama Washington akan terus mengklaim bahwa mereka membantu ekonomi AS," kata Chris Rupkey, kepala ekonom di MUFG di New York. "Salah satu faktor di balik kejatuhan ekonomi dalam Depresi Hebat adalah proteksionisme dan perang dagang, dan itu akan menjadi keajaiban jika ekonomi dunia dapat menghindari penurunan lain kali ini."

Defisit perdagangan naik 8,4 persen menjadi 55,5 miliar dolar AS karena lonjakan impor membayangi peningkatan ekspor secara luas, kata Departemen Perdagangan. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kesenjangan perdagangan melebar menjadi 54,0 miliar dolar AS pada Mei.

Defisit perdagangan barang dengan China, fokus dari agenda "“America First" Presiden Donald Trump, meningkat 12,2 persen menjadi 30,2 miliar dolar AS. Trump memberlakukan tarif impor tambahan untuk barang-barang China, setelah kegagalan dalam negosiasi, mendorong Beijing untuk membalas. Ekonom mengatakan ekspektasi bea tambahan kemungkinan mendorong impor dari China, yang melonjak 12,8 persen pada Mei.

Trump dan Presiden China Xi Jinping pekan lalu menyetujui gencatan senjata perdagangan dan kembali ke perundingan. Penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro mengatakan pada Selasa (2/7/2019) perundingan sedang menuju ke arah yang benar, tetapi akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan kesepakatan yang tepat.

Ketegangan perdagangan AS-China telah menyebabkan ayunan liar dalam defisit perdagangan, dengan eksportir dan importir berusaha untuk tetap di depan dari pertarungan tarif antara kedua raksasa ekonomi. Trump pada Rabu (3/7/2019) menuduh China dan Eropa "memainkan permainan manipulasi mata uang besar dan memompa uang ke dalam sistem mereka untuk bersaing dengan AS."

"Kami masih berpikir itu sedikit lebih mungkin daripada tidak bahwa sengketa perdagangan dengan China pada akhirnya akan meningkat lebih lanjut," kata Andrew Hunter, ekonom senior AS di Capital Economics di London. "Perdagangan kemungkinan akan tetap menjadi hambatan moderat pada paruh kedua tahun ini, yang kami perkirakan akan menambah perlambatan tajam dalam pertumbuhan permintaan domestik."

Dolar sedikit berubah terhadap sekeranjang mata uang dalam perdagangan tipis di AS menjelang hari libur Hari Kemerdekaan Kamis. Saham-saham di Wall Street naik, dengan indeks S&P 500 mencapai rekor tertinggi karena ekspektasi penurunan suku bunga. Harga surat utang pemerintah AS juga lebih tinggi.

Lonjakan Impor

Pada Mei, impor barang meningkat 4,0 persen menjadi 217,0 miliar dolar AS. Selain menarik lebih banyak impor dari China, Amerika Serikat mengimpor jumlah rekor dari Uni Eropa, Meksiko dan Kanada pada Mei. Peningkatan impor berbasis luas, dengan kendaraan bermotor dan suku cadang melonjak ke tertinggi sepanjang masa.

Impor minyak bumi naik dan minyak mentah lebih mahal, membantu menaikkan tagihan impor pada Mei.

Ekspor barang meningkat 2,8 persen menjadi 140,8 miliar dolar AS. Ekspor meningkat di semua sektor, termasuk pesawat penumpang meskipun Boeing pada Maret menangguhkan pengiriman jetliner MAX 737 yang paling cepat terjual. Pesawat itu dilarang terbang tanpa batas waktu setelah dua kecelakaan mematikan dalam lima bulan.

Ketika disesuaikan dengan inflasi, defisit perdagangan barang meningkat 4,8 miliar dolar AS menjadi 87,0 miliar dolar AS pada Mei, menunjukkan perdagangan dapat menjadi hambatan pada produk domestik bruto kuartal kedua.

Perdagangan berkontribusi 0,94 poin persentase ke laju pertumbuhan ekonomi tahunan 3,1 persen pada kuartal pertama. The Fed Atlanta memperkirakan produk domestik bruto naik pada tingkat 1,3 persen untuk kuartal April-Juni.

Kegelisahan atas perdagangan meluas dari manufaktur ke industri jasa. Dalam laporan ketiga pada Rabu (3/7/2019), Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas non-manufaktur turun menjadi 55,1 pada Juni, angka terendah sejak Juli 2017, dari 56,9 pada Mei.

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor ini, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS. ISM mengatakan "ada tingkat ketidakpastian karena perdagangan dan tarif."

Penurunan aktivitas industri jasa mencerminkan penurunan ukuran pesanan baru, yang turun ke level terendah sejak Desember 2017. Ukuran lapangan kerja jasa juga turun.

"Tren perlambatan nyata di seluruh kategori menimbulkan kekhawatiran bahwa tren perlambatan yang paling jelas dalam manufaktur juga menjadi lebih jelas dalam ekonomi yang lebih luas," kata Andrew Hollenhorst, seorang ekonom di Citigroup di New York. "Ini akan meninggalkan The Fed tepat di tebing menyediakan beberapa 'jaminan' dengan memangkas suku bunga pada pertemuan Juli."

Perlambatan dalam pekerjaan juga dicerminkan oleh Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP yang menunjukkan penggajian (pay roll) swasta meningkat 102.000 pekerjaan pada Juni dari 41.000 pada Mei, tetapi di bawah ekspektasi pasar untuk kenaikan 140.000. Itu menunjukkan rebound moderat dalam komponen penggajian swasta dari laporan ketenagakerjaan yang diikuti oleh pemerintah.

Laporan ketenagakerjaan Juni akan dirilis pada Jumat (5/7/2019). Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan pekerjaan non-pertanian akan meningkat 160.000 pekerjaan setelah hanya meningkat 75.000 pada Mei. Tingkat pengangguran diperkirakan akan bertahan di dekat level terendah 50 tahun di 3,6 persen pada Juni.

Meski demikian, PHK tetap rendah. Laporan kelima dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan klaim awal untuk tunjangan pengangguran turun 8.000 menjadi 221.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 29 Juni.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019