Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla melepas jamaah haji Indonesia kloter pertama asal DKI Jakarta di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu.

Wapres tiba di bandara pada Minggu pukul 09:00 WIB di acara yang dilaksanakan di Terminal 2D bandara itu.

Baca juga: Embarkasi Surakarta berangkatkan kloter pertama jamaah haji

Saat kedatangan di ruang tunggu keberangkatan haji, Wapres disambut oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi.

"Saya ingin sampaikan bahwa ini suatu kemajuan yang sangat luar biasa. Kalau sebelumnya jamaah haji harus antre di sini, harus antre di Jeddah atau di Madinah sekarang hanya dalam waktu beberapa menit semuanya sudah selesai," kata Wapres dalam jumpa pers di Bandara Soekarno Hatta usai meninjau fasilitas "fast track" bagi jamaah haji.

Baca juga: Gubernur Sumsel bekali jamaah haji uang saku

Menurut Wapres, dengan fasilitas tersebut, jamaah haji mendapat kemudahan pengurusan imigrasi dan masuk ke bus menuju pemondokan.

"Program ini semuanya sesuai dengan teknologi mutakhir saat ini sehingga tidak perlu lagi birokrasi yang panjang dan juga proses yang panjang," kata Wapres mengapresiasi layanan "fast track" Makkah Road Initiative.

Baca juga: Sakit parah dan wafat, dua calhaj Cianjur tak jadi ke Tanah Suci

Sebanyak 388 calon haji asal DKI Jakarta akan berangkat pada Ahad (7/7) sekitar pukul 09.00 WIB menumpang pesawat GA 7501. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019