counter

Piala Afrika

Capai semifinal lagi setelah 13 tahun, Senegal bersuka cita

Capai semifinal lagi setelah 13 tahun, Senegal bersuka cita

Gelandang tim nasional Senegal Idrissa Gueye (kiri) menyalami pelatihnya Aliou Cisse seusai mencetak gol ke gawang Benin dalam laga perempat final Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Rabu (10/7/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Javier Soriano)

Sejak 2006, Senegal tak pernah mencapai semifinal Piala Afrika
Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Senegal dilanda suka cita setelah berhasil kembali melaku ke babak semifinal Piala Afrika 2019, setelah 13 tahun lamanya gagal mencapai empat besar turnamen tersebut.

Senegal memastikan langkah mereka ke semifinal seusai menang tipis 1-0 atas Benin dalam laga perempat final di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis dini hari WIB.

"Saya sangat senang, terlebih Senegal sudah sekian lama tak mencapai semifinal Piala Afrika," kata gelandang Idrissa Gueye selepas pertandingan dilansir laman resmi turnamen.

Gueye jadi pencetak gol semata wayang kemenangan Senegal pada menit ke-69 dengan menyambar bola sodoran Sadio Mane.

Mane sempat dua kali menyarangkan bola ke gawang Benin, namun keduanya dianulir oleh VAR yang baru mulai digunakan di Piala Afrika dalam babak perempat final.

Tugas Senegal menjaga keunggulan dimudahkan ketika Benin sejak menit ke-82 harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain karena Olivier Verdon diganjar kartu merah.

"Kami berusaha bersabar pada awal laga dan mengikuti instruksi pelaith. Setelah mencetak gol, kami berusaha menambahnya namun yang terpenting kami tetap lolos," kata Gueye.

Baca juga: Senegal atasi Benin 1-0, melaju ke semifinal

Kegembiraan juga dirasakan sang pelatih kepala Aliou Cisse yang menilai keberhasilan mencapai semifinal sebagai wujud Senegal terus bekerja keras untuk jadi yang terbaik di Mesir.

"Sejak 2006, Senegal tak pernah mencapai semifinal Piala Afrika, (ini) membuktikan kami bekerja keras untuk jadi yang terbaik," kata Cisse.

Cisse menilai Benin memberikan perlawanan sengit dan ia menyelamati para pemainnya bisa mengatasi hal tersebut demi memastikan kelolosan ke semifinal.

"Saya mengucapkan selamat kepada Benin dan pelatihnya atas upaya yang mereka perlihatkan sejak turnamen dimulai," katanya.

"Para pemain kami dipaksa untuk mengerahkan segenap kemampuan agar bisa meraih keunggulan, bermain lebih menekan dan akhirnya mencetak gol. Mereka tampil heroik dan kelolosan ini pantas diraih," ujar Cisse melengkapi.

Senegal lolos ke semifinal, menanti pemenang antara laga perempat final lain antara Madagaskar kontra Tunisia yang bakal berlangsung pada Jumat (12/7) dini hari WIB.

Senegal akan memainkan laga semifinal mereka di Stadion 30 Juni pada Minggu (14/7) malam hingga Senin (15/7) dini hari WIB.

Baca juga: VAR diaplikasikan mulai perempat final

Baca juga: Ringkasan Piala Afrika, tim-tim unggulan tercecer di 16 besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar