counter

Pemprov Jabar gelar kompetisi "The Big Start"

Pemprov Jabar gelar kompetisi "The Big Start"

Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa. ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar/aa

The Big Start menjadi bentuk kolaborasi Pemprov Jabar dengan pihak swasta dalam mengembangkan UMKM di Jabar, khususnya di sektor pemasaran dan pemasaran produk masih menjadi kendala utama UMKM di Jabar.
Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Blibli.com menggelar kompetisi usaha mikro kecil menengah (UMKM) bertajuk The Big Start untuk pengusaha muda baru yang keempat kali sebagai upaya mendongkrak perkembangan UMKM.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa secara resmi membuka acara tersebut di halaman depan Gedung Sate Bandung, Kota Bandung, Jumat.

Menurut Iwa, The Big Start menjadi bentuk kolaborasi Pemprov Jabar dengan pihak swasta dalam mengembangkan UMKM di Jabar, khususnya di sektor pemasaran dan pemasaran produk masih menjadi kendala utama UMKM di Jabar.

Pemprov Jabar telah mengambil langkah-langkah strategis guna membantu UMKM, di antaranya sertifikasi produk, pengemasan produk, hingga ketersediaan bahan baku.

Namun Iwa mengakui, Pemprov Jabar memiliki keterbatasan dalam membantu di bidang pemasaran sehingga pihaknya mendukung penuh gelaran The Big Start ini sebagai mitra pemasaran produk UMKM Jabar.

"Kami sudah mendorong dari sisi sertifikasi halal MUI, dengan sebagian pembiayaan dari APBD Provinsi Jawa Barat. Dari sisi kemasan dan proses produksi, kami juga sudah tugaskan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, tetapi itu tidak cukup. Pemprov Jabar punya keterbatasan membantu di bidang pemasaran," kata dia.

Iwa berpandangan, peranan e-commerce dalam mengembangkan perkembangan UMKM sangat besar dan tercatat pengguna internet di Jawa Barat mencapai 98 persen, dan e-commerce menyumbang perkembangan ekonomi dan UMKM hingga 33 persen. Iwa optimistis pertumbuhannya akan menembus 50 persen.

"Makanya kami akan dorong terus pengetahuan, praktik, dan lain sebagainya, dan apabila ada hal-hal yang perlu difasilitasi Pemprov, itu kita siap membantu fasilitasi," lanjut Iwa.

Sementara itu, Deputy CMO Blibli.com Andy Adrian mengemukakan, Kota Bandung dipilih sebagai lokasi pertama roadshow The Big Start season empat karena melihat animo masyarakat yang tinggi kepada industri kreatif dan UMKM.

Selain itu, dukungan penuh dari Pemprov Jabar juga menjadi alasan lain.

"Awal dari roadshow-nya The Big Start itu justru ke Bandung, karena memang di sini bisa dibilang wadahnya UMKM. Banyak sekali UMKM yang ada di sini, dan pihak pemerintah Jawa Barat-nya juga sangat mendukung kami untuk masuk hingga jadi seperti ini," kata Andy.

Dia menjelaskan, salah satu syarat UMKM ikut The Big Start yakni UMKM tersebut sudah berjalan minimal selama dua tahun.

Hal ini menurutnya untuk menilai seberapa besar komitmen dan konsistesi UMKM untuk bertahan di dunia industri kreatif.

Selain itu, UMKM juga tidak diperkenankan menjadi reseller (menjual produk yang diproduksi pohak lain), melainkan harus memproduksi barang sendiri.

Dalam ajang kompetisi ini, Bilibli.com akan mengurasi komitmen bisnis UMKM, juga dalam menjaga orisinalitas produk uang akan dipasarkan.

The Big Start merupakan ajang kompetisi wirausaha bagi creativepreneur yang diprakarsai oleh e-commerce Blibli.com sejak tahun 2016 lalu. Di tahun keempatnya, The Big Start mengangkat tema Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu.

The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total senilai Rp1,3 miliar yang bertujuan mengasah kemampuan bisnis anak muda agar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selain itu juga mereka berkesempatan mengikuti ajang pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.

Pemprov Jabar integrasikan Samsat Jebret dengan Samolnas

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar