counter

Harga minyak jatuh, seret pasar saham Australia lebih rendah

Harga minyak jatuh, seret pasar saham Australia lebih rendah

Ilustrasi: Bursa saham Australia, ASX (reuters)

Minyak tergelincir lagi karena aktivitas pasar secara keseluruhan miring kembali ke arah pertumbuhan yang lebih lemah...
Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Kamis pagi, dengan penurunan saham-saham sektor energi sangat membebani indeks dan sektor keuangan berkontribusi terhadap kerugian.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 19,60 poin atau 0,29 persen menjadi diperdagangkan di 6.653,70 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 22,10 poin atau 0,33 persen menjadi 6.741,90 poin.

"Investor Asia Pasifik menghadapi sesi yang mengecewakan setelah indeks Eropa dan AS kehilangan posisi semalam,” kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Saham-saham finansial sangat membebani pasar lokal, begitu pula saham-saham energi yang merosot di belakang harga-harga komoditas lebih rendah.

"Minyak tergelincir lagi karena aktivitas pasar secara keseluruhan miring kembali ke arah pertumbuhan yang lebih lemah dan lebih banyak akomodasi bank sentral."  Baca juga: Harga minyak terus merosot di tengah stok bahan bakar AS yang kuat


Sementara itu saham-saham layanan kesehatan dan teknologi menguat dan consumer discretionaries berhasil meningkat.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melemah dengan Commonwealth Bank turun 0,22 persen, Westpac Bank turun 0,29 persen, National Australia Bank turun 0,22 persen, dan ANZ turun 0,55 persen.

Saham-saham pertambangan beragam dengan Rio Tinto naik 0,21 persen, Fortescue Metals naik 0,34 persen, BHP turun 1,13 persen dan penambang emas Newcrest naik 2,72 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas negara merosot dengan Oil Search jatuh 3,38 persen, Santos turun 2,06 persen, dan Woodside Petroleum turun 2,38 persen.

Supermarket terbesar Australia tertekan dengan Coles turun 0,29 persen, dan Woolworths turun 0,41 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,66 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas kehilangan 0,61 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,11 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Wall Street ditutup melemah di tengah laporan laba perusahaan

Baca juga: Para kepala keuangan G7 cegah rencana koin digital Facebook

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar