counter

Tour de France 2019

Simon Yates menangi Etape 12, Alaphilippe masih pimpin klasemen

Simon Yates menangi Etape 12, Alaphilippe masih pimpin klasemen

Pebalap tim Mitchelton Scott asal Inggris, Simon Yates (kanan), melakukan selebrasi usai memenangi Etape 12 Tour de France 2019 di depan pebalap Astana asal Spanyol Pedro Bilbao (kiri) di Pyrenees, Prancis, Kamis (18/7/2019). (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Inggris Simon Yates memenangi Etape 12 Tour de France, mengungguli dua pebalap lain yang bisa melepaskan diri dari kerumunan peserta dalam rute yang melahap jarak 219 km di Pegunungan Pyerenees, Prancis, Kamis.

Sementara itu, pebalap tuan rumah Julian Alaphilippe yang finis di posisi aman masih tetap mempertahankan jersey kuning yang dikenakannya sebagai tanda pemimpin klasemen kejuaraan balap sepeda dunia tersebut, demikian dilansir AFP.

Yates menaklukkan tanjakan terakhir dibayangi pebalap tim BORA hansgrohe Gregor Muehlberger asal Austria dan pebalap Astana asal Spanyol Pello Bilbao.

Lantas pebalap tim Mitchelton Scott itu lantas mengayuh sebuah sprint jarak panjang untuk melintasi garis finis dengan jarak sekurang-kurangnya satu buah sepeda.

Sementara itu, juara bertahan Geraint Thomas dari tim INEOS menyelesaikan etape 12 di urutan ke-27 demi masih tetap menepati peringkat kedua klasemen, di bawah Alaphilippe yang finis di urutan ke-31.

Baca juga: Ewan juara Etape 11, Alaphilippe pertahankan jersey kuning

Yates, saudara kembar kapten Mitchelton Scott Adam Yates itu, merupakan juara Vuelta a Espana dan juga sempat memimpin Giro d'Italia 2018 sebelum takluk di bawah tekanan Chris Froome yang keluar sebagai juara.

"Saya di sini untuk membantu Adam, ia sangat baik dan siap," katanya merujuk pada saudara kembarnya yang kini berada di urutan ketujuh klasemen dan masih berpeluang jadi juara Tour de France 2019.

"Namun saya sangat senang atas kemenangan ini, setelah mendapat lampu hijau dari tim dan mencatatkan waktu yang baik," ujar Yates menambahkan.

Etape 13 Tour de France 2019 akan digelar pada Jumat (19/7) dengan rute pendek 27,2 km individual time trial di Pau.

Baca juga: Hasil Etape 11 dan klasemen keseluruhan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar