counter

Kualifikasi Piala Eropa 2020

Penontonnya rasis, UEFA hukum Bulgaria

Penontonnya rasis, UEFA hukum Bulgaria

Rasisme terjadi pada pertandingan kualifikasi Inggris melawan Montenegro yang membuat UEFA menjatuhkan hukuman kepada Montenegro bermain tanpa penonton saat melawan Kosovo Juni 2019. (Reuters)

Paris, Prancis (ANTARA) - Bulgaria akan memainkan pertandingan kualifikasi Euro 2020 melawan Inggris dan Republik Ceko di depan stadion yang separuh kosong setelah badan sepak bola Eropa UEFA Jumat ini menyimpulkan pendukung timnas negeri ini terbukti berperilaku rasis.

Lewat sebuah pernyataan, UEFA mengharuskan Bulgaria menghadapi pemimpin klasemen Grup A Inggris Oktober mendatang dengan kapasitas stadion yang dikurangi separuhnya. Kapasitas Stadion Natsionalen Stadion Vasil Levski di Sofia di mana laga melawan Inggris diadakan akan dikurangi sempai 5.000 penonton.

3.000 tempat duduk juga mesti dikosongkan ketika mereka menjamu Republik Ceko bulan berikutnya.

Baca juga: FIFA mulai berlakukan hukuman lebih berat untuk pelaku rasialisme

Sanksi itu diambil setelah insiden pada dua pertandingan kualifikasi sebelumnya melawan Kosovo dan Ceko.

Montenegro yang juga di Grup sudah lebih dulu dihukum gara-gara rasis dengan bertanding tanpa penonton melawan Kosovo bulan lalu. Sebelumnya para pendukung Montenegro mengeluarkan umpatan rasis kepada para pemain kulit hitam Inggris ketika tim asuhan Gareth Southgate ini menang mudah 5-1 di Podgorica Maret silam.

Pada April, Danny Rose, yang menjadi salah satu target serangan rasis pendukung Mentenegro berikrar untuk tidak lagi tampil di Montenegro, demikian AFP.

Baca juga: Pemain Liga Inggris boikot sosmed lawan rasisme

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar