Abu Dhabi, (ANTARA News) - Pengumpulan dana di Uni Arab Emirat (UAE) untuk membantu rakyat sipil Gaza yang sedang menderita dalam dua pekan serangan Israel mencapai 86 juta dolar AS (sekitar Rp950 miliar) dalam sehari, kata para pemrakarsa, Sabtu.

Kampanye pengumpulan dana, yang dimulai Jumat (9/1), itu akan berlangsung hingga pekan pertama Februari, kata Deputi Perdana Menteri UAE Sheikh Hamdan Bin Zayed Al-Nahyan, yang juga mengetuai Palang Merah UAE.

Presiden UAE Sheikh Khalifa Bin Zayed Al-Nahayan dan Wakil Presiden Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum, masing-masing juga menawarkan bantuan untuk pembangunan 600 rumah di Gaza guna menampung keluarga korban yang kehilangan rumah akibat serangan Israel, kata para pejabat.

Unjuk rasa solidaritas Gaza dilakukan di berbagai kota di UAE, setelah menteri dalam negeri memberi jaminan keamanan kepada pihak berwajib.Unjuk rasa di negara federasi Teluk itu jarang terjadi karena dianggap pelanggaran hukum.

Demonstrasi itu mengusung slogan yang mendukung gerakan HAMAS yang mengontrol Jalur Gaza, dan unjuk rasa di kota Sharjah diwarnai dengan pembakaran bendera Israel.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009