counter

ASEAN School Games 2019

Bulutangkis beregu putra dan putri sandingkan gelar juara

Bulutangkis beregu putra dan putri sandingkan gelar juara

Tim beregu bulutangkis putra dan putri Indonesia berpose setelah menyandingkan gelar juara ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Gelora USM Semarang, Minggu, 21/7/2019 (Atman Ahdiat)

Semarang (ANTARA) - Cabang bulutangkis Indonesia berhasil menyandingkan gelar juara nomor beregu putra dan putri di ASEAN Schools Games (ASG) setelah sama - sama mengalahkan Malaysia pada partai final yang berlangsung di Gelora USM Semarang, Minggu.

Tunggal putra Muhammad Iqbal yang tampil pada partai ketiga memastikan kemenangan tuan rumah Indonesia dengan skor 3-0 setelah mengalahkan Ong Zhen Yi 21-8, 9-21, 21-16.

Sukses tim putra disusul rekan putri mereka yang sempat kehilangan angka di nomor tunggal ketiga sebelum menaklukkan negara jiran tersebut dengan skor 3-1.

Satu-satunya kekalahan beregu putri dialami tunggal ketiga Saifi Rizka Nurhidayah yang menyerah dua set langsung kepada Khor Jing Wen 12-21,18-21.

Pelatih kepala tim bulutangkis Indonesia, Luluk Hadiyanto mengakui bahwa hasil tersebut agak diluar perkiraan karena yang berpeluang lebih besar adalah beregu putri.

"Tapi ternyata beregu putra yang malah menang tanpa kehilangan satu nomor. Saya berharap awal bagus ini terus berlanjut di nomor perorangan, " kata mantan atlet ganda putra nasional yang berpasangan dengan Alvent Yulianto itu.

Berbeda dengan ASG tahun lalu di Malaysia, hampir semua peserta di pesta olahraga pelajar terbesar di kawasan ASEAN tersebut, termasuk Indonesia menurut Luluk menampilkan tim lapisan kedua karena lapisan pertama pada saat bersamaan bertanding di Kejuaraan Asia Junior di Suzhou, China pada 20-28 Juli.

"Kita berharap bisa menambah medali emas agar bisa mempertahankan juara umum dengan empat emas seperti ASG tahun lalu, " kata Luluk yang sekarang pegawai Kemenpora itu.

Sementara itu manajer tim Joko Sulistyono menyampaikan keyakinannya bahwa target empat emas bisa diraih setelah melihat penampilan pemain selama di nomor beregu tersebut.

" Rata-rata pemain Indonesia tidak menemui halangan berarti sampai pertandingan final dan sepertinya kondisi yang akan dihadapi di nomor perorangan tidak banyak berubah, " kata Joko.

Berikut hasil final beregu putra dan putri Asian Schools Games 2019, Minggu :
Beregu putra Indonesia vs Malaysia (3-0)
Tunggal 1: Muhammad Aldo Apriyandi vs Chia Jeng Hon (21-14,21-12)
Ganda 1: Asghar Herfanda/Rian Canavan vs Demon Anthony Samin/Wan Muhammad Arif Shaharuddin (22-20, 20-22,22-10)
Tunggal 2: Muhammad Iqbal vs Ong Zhen Yi (21-8,9-21,21-16)

Beregu putri Indonesia vs Malaysia (3-1)
Tunggal 1: Aisyah Sativa Fatetani vs Arena Satu Samin (19-21,21-16,21-13)
Tunggal 2: Alifia Intan Nurrokhim vs Siti Nursuhaini Binti Azman (21-12,21-14)
Tunggal 3: Saifi Rizka Nurhidayah vs Khor Jing Wen (12-21,18-21)
Ganda 1: Aldira Rizka Putri/Metya Inayah Cindiani vs Cheng Su Hui /Cheng Su Yin (21-17,21-16)

Baca juga: Kontingen Indonesia menyodok ke puncak klasemen ASG 2019
Baca juga: Hari pertama atletik langsung sumbang tiga emas

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan atlet berprestasi terima beasiswa pemerintah

Komentar