counter

Kecamatan Cibodas bangun sumur injeksi di setiap RW atasi genangan

Kecamatan Cibodas bangun sumur injeksi di setiap RW atasi genangan

Camat Cibodas yakni Gunawan Priahutama

Tangerang (ANTARA) -
Kecamatan Cibodas di Kota Tangerang Banten akan membangun sumur injeksi di setiap RW dalam mengatasi genangan yang terjadi saat musim hujan.

Camat Cibodas yakni Gunawan Priahutama di Tangerang, Senin (22/7) mengatakan, program pembangunan sumur injeksi dengan kedalaman 26 meter tersebut sudah diujicoba dan dilakukan di halaman kantor Kecamatan Cibodas.

Hasilnya, genangan setinggi 10 centimeter yang kerap terjadi di depan kantor Kecamatan Cibodas berhasil teratasi dalam waktu tiga jam. "Air tersebut masuk ke dalam sumur injeksi dalam waktu tiga jam dan jalan pun kembali seperti biasa," ujarnya.

Ia menjelaskan, program pembuatan sumur injeksi yang merupakan inisiasi dari Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah akan diterapkan di seluruh wilayah Kota Tangerang dalam mengatasi genangan.

Khusus untuk di wilayah Kecamatan Cibodas, pembuatan sumur injeksi akan dilaksanakan di setiap RW. Totalnya ada 147 lokasi yang telah didata untuk diterapkan pembangunan sumur injeksi.

"Pelaksanaan pembuatan sumur injeksi akan dilakukan pada APBD Perubahan nanti. Lokasi yang terdapat genangan sudah kita data dan akan diterapkan program ini," ujarnya.

Ketinggian genangan air di beberapa lokasi tersebut mulai dari 10 centimeter hingga 30 centimeter. Dengan ada program ini maka akan teratasi dan upaya Pemkot dalam menyelesaikan urusan banjir.

Manfaat lainnya dari sumur injeksi adalah sebagai tabungan air bawah tanah. Karena air yang masuk ke dalam sumur injeksi akan tersimpan dan menjadi persediaan.

Apalagi saat musim kemarau seperti ini dan di wilayah yang padat penduduk. Ketersediaan air bawah tanah sangat penting dan dengan program ini maka akan tercukupi.

"Manfaat lain dari program ini adalah sebagai tabungan air di bawah tanah yang kini memang sangat penting bagi pemerintah," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Krisis air bersih, warga manfaatkan sumur tua

Komentar