counter

Transjakarta Kp Melayu-Puri Beta mudahkan akses penumpang lintas kota

Transjakarta Kp Melayu-Puri Beta mudahkan akses penumpang lintas kota

Penumpang menunggu datangnya bis Transjakarta di Halte Puri Beta 2, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Selasa (23/7/2019). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Penumpang Transjakarta menyebut rute baru Koridor 13F tujuan Kampung Melayu - Puri Beta memudahkan akses perjalanan mereka yang ingin berpergian lintas kota.

Annisa, penumpang yang ditemui di Halte Puri Beta 2, Selasa, mengatakan perjalanan dari Kampung Melayu di Jakarta Timur ke Kota Tangerang jadi lebih praktis dan murah.

“Biasanya saya harus ke Halte Tosari dulu, tetapi sekarang ke arah sana (Puri Beta) bisa langsung dari Kampung Melayu,” kata Annisa yang sehari-hari berpergian melalui dua rute tersebut.

Annisa, pegawai swasta, mengatakan ia sengaja memilih berpergian menggunakan Transjakarta karena relatif cepat dan lebih murah dalam segi ongkos dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

“Kampung Melayu Puri Beta lumayan jauh. Cuma kalau naik Transjakarta ongkosnya hanya Rp3.500 sudah bisa sampai tujuan,” tambahnya.

Annisa merupakan satu dari dua penumpang yang menggunakan layanan baru Transjakarta dari Halte Kampung Melayu menuju Halte Puri Beta 2 di Ciledug, Tangerang.

Walaupun jumlah penumpang belum terlalu padat, Kepala Humas PT Transjakarta, Wibowo, mengatakan rute baru itu memang masih melalui tahap sosialisasi ke penumpang.

“Rute baru masih disosialisasikan,” kata Wibowo yang akrab disapa Bowo saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ia pun menambahkan jumlah penumpang yang tak terlalu banyak juga cukup wajar ditemui pada waktu di luar jam pergi dan pulang kantor.

Sebanyak 10 bis bertipe “single” melayani penumpang dari Halte Kampung Melayu - Halte Puri Beta 2 sejak 20 Juli 2019.

Layanan baru Transjakarta itu melalui 21 halte, dan beberapa jalurnya terhubung dengan Koridor 7 (Kampung Rambutan - Kampung Melayu), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit), dan Koridor 13A (Ciledug - Tendean).

Lengkapnya, 21 halte yang dilalui rute baru itu, antara lain Kampung Melayu - Bidara Cina - Gelanggang Remaja - Otista - Cawang Ciliwung - Cikoko Stasiun Cawang - Tebet BUMD - Pancoran Barat - Tendean - Rawa Barat - Tirtayasa - Mayestik - Velbak - Kebayoran Lama - Seskoal - Cipulir - Swadarma - JORR - Adam Malik - Puri Beta 1 - Puri Beta 2.

Rute baru koridor 13F pun menambah layanan Transjakarta dengan tujuan akhirnya ke Puri Beta, Ciledug. Sebelumnya, rute perjalanan yang melayani tujuan Puri Beta, antara lain koridor 13 A (Blok M - Ciledug Puri Beta), Koridor B (Pancoran Barat - Puri Beta), Koridor C (Tosari - Puri Beta), Koridor D (Ragunan - Puri Beta), dan Koridor E (Kuningan - Puri Beta).

Sejak beroperasi pada 2004, Transjakarta telah melayani ratusan rute perjalanan yang tersebar di lima kota administratif Jakarta serta beberapa daerah perbatasan.

Transjakarta sendiri merupakan “Bus Rapid Transit” (BRT) pertama yang beroperasi di Asia Tenggara dan Asia Selatan, dan sistemnya mengadopsi BRT TransMilenio di Bogota, Kolombia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar