Hockenheim (ANTARA) - Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mencetak waktu tercepat di sesi latihan bebas GP Jerman di Sirkuit Hockenheim, Jumat, diikuti oleh rekan satu timnya, Charles Leclerc di tempat kedua.

Juara dunia empat kali itu melahap sirkuit sepanjang 4,5km itu, yang berjarak sekitar setengah jam jalur darat dari kampung halamannya di Heppenheim, dalam waktu 1 menit 14,013 detik di sesi latihan pagi, demikian Reuters.

Leclerc membayangi sang pebalap Jerman itu 0,255 detik di belakang.

Lewis Hamilton terpaut 0,302 detik menjadi yang tercepat ketiga untuk Mercedes, yang membawa mobil dengan livery khusus untuk memperingati 125 tahun keterlibatan pabrikan asal Jerman itu di dunia balap.

Baca juga: Mercedes gunakan desain livery khusus di GP Jerman

Pebalap asal Inggris itu, yang memimpin klasemen pebalap dengan unggul 39 poin dari rival terdekatnya sekaligus rekan satu tim Valtteri Bottas, mengkhawatirkan aliran udara panas yang meliputi Eropa bisa merugikan performa mobil Mercedes.

Suhu trek hari itu mencapai 40 derajat Celsius dengan suhu udara sekitar berada di atas 30 derajat.

Hamilton, yang telah memenangi tujuh dari 10 balapan musim ini, kalah cepat dari Vettel pagi itu karena menggunakan ban medium, sementara sang pebalap tuan rumah menggunakan ban kompon lunak.

Juara dunia lima kali dan Bottas sempat memimpin sesi latihan sebelum Ferrari menggebrak di akhir sesi dengan ban lunak.

Bottas mengakhiri sesi FP1 di tempat kelima, di antara dua pebalap Red Bull Max Verstappen dan Pierre Gasly.

Pebalap asal Finlandia itu melebar di tikungan tempat Vettel tabrakan di balapan GP Jerman tahun lalu namun mampu menghindari gravel dan tak merusak mobilnya.

Carlos Sainz finis ketujuh untuk McLaren, sedangkan Romain Grosjean menggunakan mobil yang memiliki spesifikasi yang sama seperti yang ia gunakan di GP Australia untuk finis kedelapan bagi Haas.

Lance Stroll finis kesembilan untuk Racing Point sementara Daniel Ricciardo melengkapi peringkat 10 besar untuk Renault walau sempat spin di trek.

Sesi latihan bebas FP1 sempat dihentikan sementara setelah mobil Haas yang dikendarai Kevin Magnussen berhenti di trek karena kehilangan tenaga.

Baca juga: Vettel melawan takut di Hockenheim


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019