counter

Bantuan swasta pelihara jalan perbatasan RI-Malaysia diapresiasi

Bantuan swasta pelihara jalan perbatasan RI-Malaysia diapresiasi

Wakil Bupati Mahakam Ulu, Kaltim, Y Juan Jenau (jaket hitam) saat meninjau jalan poros kawasan perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Long Hubung, Jumat (25/7/2019). (FOTO ANTARA/Ist)

Partisipasi swasta memperbaiki jalan sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena saat ini musim kemarau yang menyebabkan kapal barang tidak bisa lewat akibat debit air sungai kecil, sehingga jalan darat menjadi andalan angkutan
Ujoh Bilang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan kawasan perbatasan negara Indonesia dan Malaysia, memberikan apresiasi kepada perusahaan kayu dan perusahaan perkebunan sawit yang turut membantu merawat jalan sehingga kendaraan masyarakat bisa melintasi jalan tersebut

"Kami ucapkan terima kasih kepada dua perusahaan ini, karena dengan pemeliharaan jalan yang dilakukan, berarti mereka telah membantu pemerintah pusat, Pemprov Kaltim, dan Pemkab Mahakam Ulu," kata Wakil Bupati Mahulu Y Juan Jenau di Ujoh Bilang, Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu, Minggu.

Saat Juan Jenau bersama rombongan mengecek kondisi jalan poros antara Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu dua hari sebelumnya, rombongan melihat ada sejumlah alat berat yang sedang melakukan perawatan jalan yang masih berupa tanah dan sebagian dilakukan pengerasan, sehingga mereka singgah dan berdialog dengan pekerjaannya.

Ia mengatakan bahwa partisipasi pihak swasta dalam memperbaiki jalan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena saat ini musim kemarau yang menyebabkan kapal barang tidak bisa lewat akibat debit air sungai kecil, sehingga sebagai alternatifnya jalan darat menjadi andalan angkutan meski sebagian besar masih jalan tanah.

Dalam peninjauan jalan di wilayah Kecamatan Long Hubung itu, Wabup didampingi sejumlah pejabat antara lain Sekretaris Kabupaten Mahakam Ulu Yohanes Avun, pejabat di Dinas PUPR dan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

"Kami dari pemkab menyampaikan terima kasih karena PT Ratah Timber dan PT Sawit bersedia membantu memperbaiki jalan dari Sungai Ratah 15 km, kemudian yang akan diperbaiki oleh PT Ratah Timber 7,5 km lagi. Tentu saja ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, dari PT Ratah Timber yang diwakili Wijarnako berterima kasih atas apresiasi dari Pemkab Mahakam Ulu.

Selaku perusahaan yang beroperasi di Mahaham Ulu, pihaknya merasa terpanggil untuk turut serta membantu pemerintah daerah dan masyarakat sesuai kemampuan, dalam hal ini mampu mengeluarkan alat berat untuk merawat jalan.

"Kami berupaya membantu memperbaiki jalan yang kerap dilintasi masyarakat ini. Ada juga kunjungan Pak Bupati  dan kami langsung melakukan pengecekan lokasi mana saja yang akan diperbaiki. Kemudian dipastikan ada sekitar 7 km yang perlu perbaikan, bahkan kami sudah berunding dengan direksi," kata Wijanarko. 

Baca juga: Festival Hudoq siap digelar di perbatasan Indonesia -Malaysia

Baca juga: Satgas Pamtas gagalkan penyelundupan mobil asal Malaysia

Baca juga: Belum teraliri listrik Desa Sekaduyan Taka di perbatasan RI-Malaysia

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KPK imbau DPRD Kota Malang lakukan tiga perbaikan

Komentar